Update Covid-19, Dalam Sehari 108 Orang Meninggal Dunia

September 5, 2020

JAKARTA, RAKYATJATENG – Penambahan angka kasus positif virus Corona atau Covid-19 masih terus terjadi penularannya di tanah air. Berdasarkan data dari covid-19.go.id ‎Sabtu (5/9) terjadi penambahan kasus sebanyak 3.128 orang. Sehingga total akumulasi keseluruhannya berjumlah 190.665 orang.

Orang yang sembuh dari virus Corona ini sebanyak 2.220 orang. Sehingga totalnya mencapai 136.401 orang yang sembuh. Kemudian orang yang meninggal dunia juga terjadi penambahan 108 orang. Total orang yang meninggal dunia jumlahnya 7.940 orang.‎

Virus ini telah tersebar di 34 provinsi dengan 489 kabupaten dan kota.‎ Adapun kasus positif diketahui lantaran adanya pengetesan massal menggunakan PCR atau tes cepat molekuler berjumlah 30.640 spesimen. Sehingga total keseluruhan adalah 2.405.773 spesimen.

Diketahui sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengklaim bahwa penanganan pandemi Covid-19 di ibu kota sudah dilakukan dengan benar. Meskipun beberapa waktu belakangan ini, angka penularan masih cukup tinggi. Bahkan Jakarta selalu masuk 3 besar penyumbang kasus baru di Indonesia setiap harinya.

“Kita berada di track (jalur) yang benar. Untuk tuntas, perlu waktu tapi track-nya benar,” kata Anies, Jumat (4/9).

Anies menjelaskan, saat ini di DKI Jakarta hampir semua warganya telah menerapkan 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak) saat beraktivitas di luar rumah. Selain itu dari pemerintah juga telah menerapkan 3T (testing, tracing, dan treatment). Oleh karena itu, semua pedoman pelaksaan penanganan pandemi Covid-19 sudah dijalankan.

“Kalau ada yang mengatakan pakai masker, jaga jarak, cuci tangan, tapi tidak mengerjakan testing, tidak mengerjakan tracing, tidak menyiapkan isolasi, itu bukan sikap yang bertanggung jawab,” imbuhnya.

Mantan Mendikbud itu menerangkan, Pemprov DKI Jakarta telah melakukan testing 5 kali lipat dari standar WHO. WHO hanya menargetkan tes kepada 10 ribu orang per minggu di Jakarta, sedangkan Pemprov DKI mampu melakukan tes hingga 50 ribu orang per minggu.

Komentar