Pelatihan Simpamkota Jelang Pilkada, Hendi: Sarana Menjaga Tensi Politik

  • Bagikan

SEMARANG, RAKYATJATENG – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 yang akan berlangsung pada 9 Desember mendatang, persiapan terus dilakukan oleh berbagai pihak.

Salah satunya adalah persiapan terkait kesiapsiagaan pengamanan wilayah Kota Semarang pra dan pasca Pemilihan Walikota (Pilwalkot), melalui Pelatihan Sistem Pengamanan Kota (Simpamkota) yang digelar secara virtual, Kamis (3/9/2020).

Pelatihan ini diberikan kepada seluruh jajaran keamanan yang akan mengawal jalannya Pilkada mendatang. Seperti personel TNI, Polri, Satpol PP, Dishub, Dinas Kesehatan, Kesbangpol, KPU dan Bawaslu Kota Semarang.

Adanya pelatihan ini menambah optimisme Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi atas terselenggaranya Pilwalkot yang jujur, adil, langsung, umum, bebas, rahasia, aman, dan sehat.

“Selang 97 hari jelang Pilkada serentak, kami yakin keberadaan Simpamkota mampu menjadi sarana guna memetakan kondisi sekaligus menjaga tensi politik, agar semakin baik dan matang,” ungkap Hendi, biasa wali kota disapa.

Melalui pelatihan virtual ini, Hendi berharap berbagai peta permasalahan Pilkada hanya akan berakhir sebatas simulasi belaka.

Dirinya pun mengingatkan adanya pekerjaan rumah lain, selain masalah keamanan. Yakni adanya pandemi Covid-19.

Untuk itu, Hendi menginstruksikan langsung kepada Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang untuk dapat memantau secara aktif, dan memastikan penerapan protokol kesehatan di seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS), khususnya yang ada di Kota Semarang.

Tak hanya itu, Hendi juga menyampaikan jika sosialisasi yang tepat dibutuhkan guna memberikan pemahaman keamanan serta protokol kesehatan yang benar kepada masyarakat, saat penyaluran hak demokrasi 9 Desember mendatang.

Sementara itu, Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Auliansyah Lubis dalam sambutannya mengajak seluruh pihak dalam kesempatan pelatihan ini menyamakan persepsi dalam pengamanan Pilwalkot Kota Semarang, agar dapat berlangsung secara jurdil dan luber.

Auliansyah juga menyampaikan jika pihaknya bersama jajaran TNI, Kodim dan seluruh personel pengamanan siap mengerahkan seluruh SDM, kemampuan, serta berkoordinasi sebaik mungkin guna mengawal, menjaga, dan menciptakan kondusifitas guna suksesnya Pilkada 9 Desember mendatang. (Sen)

  • Bagikan