“Gerebek Suran”, Masyarakat Wonosobo Deklarasikan Pilkada Damai

September 4, 2020
Belum ada gambar

WONOSOBO, RAKYATJATENG – Sejumlah tokoh dari partai politik dan organisasi massa mewakili komponen masyarakat di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, pada “gerebek suran” berkomitmen menjaga seluruh pemilihan kepala daerah serentak, 9 Desember mendatang, agar berlangsung damai dan kondusif.

Komitmen dideklarasikan di tengah pergelaran gerebek suran yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Wonosobo bersama Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) berlangsung di Pendapa Pemkab Wonosobo, Kamis (3/9).

Dalam deklarasi tersebut, mereka menegaskan akan meneguhkan sikap untuk mengedepankan kepentingan umum, tidak terpengaruh hasutan yang bersifat merusak kerukunan dan ketenteraman, serta saling menghormati meskipun berbeda pilihan.

Bersama TNI/Polri, mereka juga menegaskan untuk turut berpartisipasi secara aktif dalam upaya menjaga iklim kondusif Kamtibmas Wonosobo sepanjang pilkada serentak.

Wakil Bupati Wonosobo Agus Subagiyo mengatakan bahwa Wonosobo selama lebih dari 1 dekade terakhir telah dikenal luas sebagai daerah yang berhasil mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dan Kebinekaan serta kerukunan beragama.

Pemerintah pusat melalui Dewan Pertimbangan Presiden menyatakan bahwa Wonosobo layak untuk menjadi percontohan penerapan nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika serta toleransi beragama sehingga semestinya pergelaran pilkada tidak lantas melunturkan kerukunan yang telah terbina dengan baik.

“Perbedaan adalah sesuatu yang indah sehingga dalam pilkada, 9 Desember mendatang, adanya perbedaan merupakan hal yang harus bisa dihargai oleh kita semua,” katanya.

Kepada parpol dan segenap ormas serta seluruh komponen masyarakat, Wabup juga berpesan agar pilkada yang masih akan berlangsung pada masa pandemi COVID-19 bisa dijalankan dengan menerapkan protokol kesehatan demi menghindari potensi penularan virus corona.

Kapolres Wonosobo AKBP Fanky Ani Sugiharto menekankan bahwa pentingnya kesadaran masyarakat dalam mewaspadai COVID-19 harus terus digaungkan demi menghindarkan mereka dari paparan virus corona.

Komentar

VIDEO TERKINI