Bantul Diguncang Gempa Darat M 3,1, Ini Penjelasan BMKG Yogyakarta

September 4, 2020
Belum ada gambar

YOGYAKARTA, RAKYATJATENG – Gempa bumi dengan magnitudo (M) 3,1 mengguncang Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Gempa dini hari tadi terjadi di darat.

“Kejadian gempa pada Jumat, 4 September 2020 pukul 00:07:15 WIB wilayah Bantul, Yogyakarta diguncang gempa tektonik,” kata Kepala BMKG Yogyakarta Agus Riyanto dalam keterangannya, Jumat (4/9/2020).

Kedalaman gempa terjadi pada 5 kilometer. Dari analisis BMKG gempa terjadi di darat.

“Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa berkekuatan M 3.1. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 7.935 LS dan 110.4899 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 15 km barat laut Gunungkidul-Yogyakarta pada kedalaman 5 km,” ungkapnya, seperti dikutip dari Detikcom.

Gempa ini, kata Agus, merupakan gempa akibat sesar lokal. “Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi akibat sesar lokal,” bebernya.

Menurutnya Agus, guncangan gempa bumi ini dirasakan di Jalan Imogiri Timur dan Jetis Bantul dalam skala II MMI. Namun hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan.

“Di daerah tersebut, guncangan gempa bumi dirasakan oleh beberapa orang. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut,” paparnya.

Hingga saat ini, BMKG belum mencatat adanya gempa susulan. Untuk itu masyarakat diminta afar tetap tenang.

“Hasil monitoring BMKG menunjukkan tidak tercatat gempa bumi susulan (aftershock). Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” ujarnya. (*)

Komentar

VIDEO TERKINI