Di Jepara, Kampanye Pakai Masker Dilakukan Hingga Pelosok Desa

September 3, 2020

JEPARA, RAKYATJATENG – Untuk mencegah penyebaran Covid-19, kampanye “Ayo Pakai Masker” di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, dilakukan secara masif sampai di tingkat desa. Seperti yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Telukwetan, Kecamatan Welahan, dengan dibantu petugas kesehatan, serta TNI dan Polri, mereka terjun ke jalan untuk memperingatkan warga, sekaligus membagikan masker secara gratis di sejumlah titik jalan, Kamis (3/9/2020) pagi.

Kepala Desa Telukwetan Budi Santosa menuturkan, kegiatan ini merupakan wujud kepedulian dalam pencegahan penyebaran Covid-19. Selain kampanye pakai masker, juga dilakukan edukasi seperti cuci tangan dan jaga jarak.

“Kami menindaklanjuti instruksi dari kabupaten untuk melakukan gerakan serentak pakai masker,” jelasnya.

Menurutnya, Covid-19 bisa dilawan dengan gerakan bersama melalui penerapan protokol kesehatan. Ratusan masker dibagi kepada warga yang melintas di jalan. Dan bagi mereka yang tidak pakai masker, diberikan edukasi, tentang pentingnya memakai masker untuk mencegah tertular Covid-19.

“Saat ini, pemerintah sedang berusaha mencari obat atau vaksin. Sembari itu, upaya lain harus dilaksanakan, seperti saat ini lewat desa,” lanjutnya.

Warga yang melintas, Setyawan mengaku kaget saat dihentikan petugas sosialisasi, sebab dia tidak memakai masker saat bepergian. Dia mengapresiasi langkah yang dilakukan pemerintah desa.

“Iya tadi lupa tidak pakai masker. Tapi dingatkan dan dikasih masker gratis,” kata dia. (*)

Komentar