2 Kali Ledakan di Laboratorium Kimia SMA Muh 1 Solo, 1 Petugas Terluka

September 3, 2020
Belum ada gambar

SOLO, RAKYATJATENG – Ledakan terjadi di laboratorium kimia SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, Rabu (2/8). Penyebab ledakan ditengarai dari bahan kimia yang terkena air. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Dilansir dari Jawa Pos Radar Solo, kejadian bermula saat petugas sekolah membersihkan ruang lab kimia. Mereka lantas mencuci botol magnesium dan glukosa yang disusul terdengar dua kali ledakan. Petugas laboratorium lantas mengantisipasi adanya ledakan dan kebakaran dengan alat pemadam api ringan (apar). Akibatnya satu petugas laboratorium mengalami luka ringan.

Kepala SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Rahayuningsih mengatakan, kondisi sekolah dalam keadaan mati lampu. Dan saat itu petugas laboratorium tengah membersihkan laboratorium kimia. Selang beberapa menit, terdengar ledakan dari laboratorium yang terletak di lantai dua sekolah.

“Begitu terdengar suara ledakan disusul petugas yang menjerit. Ada dua kali ledakan. Petugas langsung turun dan kami coba kendalikan menggunakan apar, tapi memang tidak ada api dan tidak ada apa-apa. Hanya kami berjaga agar tidak terjadi apa-apa. Lalu kami memanggil pemadam kebakaran,” terangnya, kemarin (3/8).

Rahayu menjelaskan begitu ledakan terdengar, guru-guru bergegas keluar. Selain itu, kondisi petugas yang membersihkan laboratorium juga tidak mengalami luka serius dan dalam keadaan sadar.

“Petugas tidak apa-apa. Tapi yang namanya ledakan di tempat seperti ini (sekolah, Red) juga membuat khawatir. Guru-guru sempat kaget. Alhamdulillah tidak terjadi apa-apa. Dan respons kami cepat. Langsung mengantisipasi dengan apar,” imbuhnya.

Petugas Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Surakarta S. Atut mengatakan, begitu sampai di sekolah, pihaknya langsung mengecek laboratorium kimia asal terdengar suara ledakan. Memang terlihat asap, namun bukan berasal dari api, melainkan apar. Respons sekolah sangat baik dan sigap. Beruntung, petugas di dalam ruangan tidak mengalami luka serius.

Komentar

VIDEO TERKINI