Air Terjun Sedinding dan Sewawar, Keindahan Tersembunyi di Sisi Utara Lawu

Agustus 30, 2020

KARANGANYAR, RAKYATJATENG – Mengunjungi dua air terjun di satu lokasi sekaligus. Apalagi yang bisa diharapkan lebih dari itu? Bersyukur saya bisa merasakannya di Jenawi, Karanganyar.

Wilayah lereng Gunung Lawu punya banyak air terjun menawan. Selain Grojogan Sewu, Jumog, dan Parang Ijo, ada pula air terjun yang tak kalah cantik. Yakni Sewawar dan Sedinding. Lokasinya berdekatan di Desa Trengguli, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Dua air terjun ini belum banyak dijamah wisatawan. Mungkin masih kalah tenar dari tiga grojogan yang saya sebut tadi. Apalagi lokasinya di sisi utara Gunung Lawu. Yang jaraknya cukup jauh dari jalur wisata Tawangmangu-Kemuning. Namun sangat layak dicoba. Karena serasa di privat place.

Sebenarnya tempatnya masih bisa dijangkau dengan sepeda motor. Rute ke lokasi juga mudah, hanya berjalan saja. Padahal tempatnya sangat asri dengan suasana alamnya. Di musim kamarau sekarang saja airnya masih deras. Tidak kebayang ketika musim hujan. Pasti jauh lebih menarik.

Perjalanannya pun tak kalah menarik. Melewati kebun teh Kemuning yang luas. Kita bisa berhenti sejenak mengabadikan hijaunya kebun. Lalu ke jujukan pertama di Sewawar. Air terjunnya tak terlalu tinggi, tapi unik. Karena tebing air terjun ini tidak vertical 45 derajat. Melainkan sedikit miring.

Airnya juga tak terlalu membasahi. Saya mencoba duduk sejenak di bawah air terjun. Duduk di atas batu sambil memejamkan mata. Rasanya begitu damai, seperti sedang relaksasi. Karena kebetulan hanya kami bertiga yang datang.

Air terjun Sedinding juga tak kalah bagus. Bahkan air terjunnya lebih tinggi. Sementara aliran di bawahnya bisa untuk berenang. Saking jernihnya air, saat difoto terlihat hijau karena pantulan sinar matahari.

Komentar