Ziarah ke Makam Ibunda di Karanganyar, Jokowi Bagikan Masker dan Sembako

Agustus 29, 2020

KARANGANYAR, RAKYATJATENG – Usai melakukan kunjungan kerja di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jumat (28/8), Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melakukan ziarah ke makam orangtuanya, Sujiatmi Notomiharjo dan Widjiatmo Notomiharjo di Kecamatan Gondangrejo, Karanganyar, Jawa Tengah, Sabtu (29/8) pagi.

Dikutip dari Jawa Pos Radar Solo, rombongan presiden datang ke kompleks makam di Dusun Mundu, Desa Selokaton, Kecamatan Gondangrejo sekitar pukul 09.00. Jokowi dan rombongan langsung menuju ke cungkup makam mendiang Sujiatmi dan Widjiatmo.

Sekitar setengah jam Jokowi beserta keluarga melakukan doa bersama. Dalam rombongan keluarga itu tampak putra sulung presiden, Gibran Rakabuming Raka dan putra bungsu Kaesang Pangarep. Juga ada dua adik Jokowi, Ida Yati dan Titik Relawati. Namun, tak tampak ibu negara, Iriana Jokowi ikut dalam rombongan.

Ziarah itu diadakan secara tertutup. Sehingga awak media dilarang mengambil foto atau video selama proses ziarah.

“Tadi hanya keluarga inti saja. Beliau Pak Jokowi yang memimpin baca Surat Yasin, baca Tahlil, dan doa langsung. Sedangkan kedua adiknya (Ida dan Titik), serta kedua anaknya (Gibran dan Kaesang) hanya mengikuti saja,” kata Kepala Desa Selokaton Sutino.

Keluarga Jokowi meninggalkan lokasi sekitar pukul 10.10. Namun, rombongan presiden menyempatkan diri membagikan masker dan sembako kepada warga sekitar makam dan Pasar Tuban, Gondangrejo, yang sebelumnya mengetahui kedatangan rombongan orang nomor satu di Indonesia itu.

Kerumanan warga pun sempat terjadi ketika sejumlah paspamres membagikan masker dan sembako. Salah seorang warga Eny, 35, mengaku sebelumnya ia mengetahui kedatangan rombongan presiden untuk berziarah. Hanya saja, saat itu Eny melihat presiden berada di dalam mobil saja.

Komentar