Purbalingga Intensifkan Sosialisasi Tertib Masker

Agustus 29, 2020

PURBALINGGA, RAKYATJATENG – Pemerintah Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah terus mengintensifkan sosialisasi tertib pemakaian masker dalam rangka mengajak masyarakat berperan aktif mencegah COVID-19.

“Sosialisasi tertib masker terus diintensifkan secara masif guna meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat,” kata Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi di Purbalingga, Sabtu (29/8/2020).

Pemkab Purbalingga tengah menggelar operasi terpadu dalam rangka sosialisasi dan pendisiplinan masyarakat terkait dengan penerapan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Hal itu dilakukan dalam rangka menindaklanjuti Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian COVID-19.

“Oleh karenanya kami merasa perlu untuk terus memberikan sosialisasi secara masif kepada masyarakat,” katanya.

Dia menambahkan dengan adanya operasi terpadu tersebut maka akan ada penegakan disiplin bagi warga yang tidak menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

“Operasi tersebut dilakukan di tiap-tiap kecamatan yang ada di wilayah ini,” katanya.

Pihaknya mengajak masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan, rajin cuci tangan, menggunakan masker ketika berada di luar rumah serta menjaga jarak fisik.

Ia berharap, kegiatan tersebut dapat meningkatkan pemahaman dan disiplin masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Purbalingga Wahyu Kontardi menambahkan operasi itu bertujuan menertibkan warga yang tidak menggunakan masker.

“Kegiatan ini didukung personel dari TNI, Polri, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan Purbalingga dan Dinas Kesehatan Purbalingga,” katanya.

Dia menambahkan setiap pelaksanaan operasi terpadu ada sedikitnya 24 personel gabungan yang bertugas.

“Terkait hal itu diperlukan upaya berkelanjutan dan secara masif dalam rangka memberikan sosialisasi kepada warga masyarakat,” katanya.

Komentar