Gibran Blusukan ke Kampung-kampung

Agustus 29, 2020

SOLO, RAKYATJATENG – Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka, kembali blusukan ke kampung-kampung.

Dia memulai blusukan dengan melakukan aksi kemanusiaan membagikan ratusan paket sembako dan masker di Kampung Debegan, Kelurahan Mojosongo, Kecamatan Jebres, Solo, Sabtu (29/8/2020).

Gibran yang maju sebagai Calon Wali Kota Surakarta Pilkada 2020 tersebut didampingi para relawan dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menemui warga di RW 3 dan 37 Debegan, Mojosongo untuk mendengar aspirasi warga.

Setibanya di Kampung Debegan tersebut, ia kemudian melakukan dialog dengan para pengurus RT dan menanyakan kesehatan warga di tengah pandemi COVID-19 saat ini.

Menurut Ketua DPC PSI Surakarta Antonius Yoga dari keterangan pengurus RT di Kampung Debegan kondisi warga sehat semua, dan tidak ada yang terkonfirmasi positif COVID-19.

Kendati demikian, relawan DPC PSI ikut membagikan masker gratis kepada warga guna mencegah penyebaran COVID-19, sedangkan, Gibran menyerahkan paket sembako kepada perangkat RT/RW untuk dibagikan warga. Ada 200 paket sembako yang dibagikan untuk membantu meringankan beban warga.

Gibran meninjau tanah area makam milik Pemerintah Kota Surakarta di Kampung Debegan. Warga menyampaikan aspirasi untuk membangun posyandu lansia dan balita di lokasi tersebut.

Antonius Yoga mengatakan kegiatan posyandu balita dan lansia di Debegan selama ini masih dilakukan di rumah-rumah warga.

Gibran menanggapi aspirasi warga tersebut untuk menjadi catatannya karena dirinya sebelumnya sudah blusukan melintas ke daerah yang sama, tetapi permintaan warga dahulu mau dijadikan pasar tradisional.

“Saya sebelumnya sudah pernah blusukan melewati lokasi yang sama. Saya catat sebelumnya pernah lewat sini, tetapi permintaan warga dahulu katanya mau dijadikan pasar,” katanya.

Komentar