Pindang Kakap Kaya Rempah, Enaknya Bikin “Nagih”

Agustus 23, 2020

JEPARA, RAKYATJATENG – Aneka kuliner khas pesisir laut Jepara, Jawa Tengah, memang menggoda selera. Seperti pindang serani resto Mutia Vie yang kreasi cita rasa dan tampilan berbeda.

Tak lengkap rasanya jika ke Jepara tidak menjajal kuliner pindang serani. Kini kuliner pesisir itu tak hanya ada di pinggir pantai. Tapi juga bisa ditemukan di resto. Salah satunya di Mutia Vie Resto, Senenan Jepara.

Resto ini memiliki olahan pindang ikan kakap spesial. Menu ini terinspirasi dari olahan pindang serani. Bedanya, ada tambahan bumbu rempah khusus yang dikreasikan ala resto.

Pindang ikan kakap itupun menjadi best seller. ”Banyak yang memesan, terutama yang datang dari luar kota,” ungkap Rony manajer Mutia Vie Resto.

Salah satu pelanggan di Mutia Vie Resto menikmati sajian menu pindang kakap. (FEMI NOVIYANTI/RADAR KUDUS)

Ikan kakap sengaja dipilih karena memiliki cita rasa dan tekstur yang khas, salah satunya kenyal. Saat dimasak, tidak mudah hancur dan ketika dimakan tekstur kenyalnya masih terasa.

Ikan yang digunakan merupakan ikan segar yang setiap harinya diambil langsung di Tempat Pelelangan Ikan yang ada di Jepara. ”Bahan lainnya, kami gunakan banyak rempah sebagai bumbu, ditambah daun kemangi dan jeruk nipis sebagai pelengkap,” ungkapnya.

Pindang ini disajikan dengan kuah kuning yang kental. Ini membedakan dengan olahan Pindang Serani pada umumnya.

Cita rasanya sendiri, pedas dan segar dengan rempah-rempah yang sangat terasa. Bumbu-bumbunya pun meresap dan terasa sampai ke dalam ikan. Ada tambahan cabe bagi yang menyukai tingkat kepedasan tinggi.

Sajian pindang serani kakap ini cocok dinikmati saat makan siang. Untuk menambah kenikmatannya, biasanya disajikan dengan minuman yang bercita rasa segar. Seperti es buah serta honey dew yang menjadi salah satu minuman favorit di Mutia Vie Resto.

Komentar