Peminat Uang Pecahan Rp75.000 di Banyumas Tinggi, Pendaftar Sudah Lebihi Kuota

Agustus 18, 2020
Belum ada gambar

PURWOKERTO, RAKYATJATENG – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, mulai mendistribusikan uang pecahan Rp75.000 edisi khusus peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Distribusi (uang pecahan Rp75.000) mulai tanggal 18 Agustus sampai 30 September itu dilakukan langsung oleh Bank Indonesia kepada masyarakat,” kata Kepala KPw BI Purwokerto Samsun Hadi di Rumah Dinas Bupati Banyumas, Purwokerto, Selasa (18/8/2020).

Samsun mengatakan hal itu kepada wartawan usai menyerahkan cenderamata berupa satu lembar uang edisi khusus tersebut kepada Bupati Banyumas Achmad Husein saat tasyakuran hari ulang tahun ke-61 orang nomor satu di Kabupaten Banyumas yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2020.

Menurut dia, masyarakat yang ingin mendapatkan uang pecahan edisi khusus tersebut dapat mendaftar melalui aplikasi Pintar yang telah disiapkan di laman https://pintar.bi.go.id dengan mencantumkan nomor induk kependudukan/nomor kartu tanda penduduk dan nantinya akan mendapatkan nomor antrean sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

“Pendistribusian mulai bulan Oktober dan selanjutnya dilakukan melalui kerja sama dengan perbankan. Ada lima bank yang sudah ditunjuk, ada Mandiri, BRI, BCA, CIMB Niaga, dan BNI,” jelasnya.

Ia mengakui minat masyarakat di wilayah kerja KPw BI Purwokerto yang meliputi Kabupaten Banyumas, Cilacap, Purbalingga, dan Banjarnegara untuk mendapatkan uang edisi khusus tersebut cukup tinggi.

Menurut dia, hal itu terlihat sejak aplikasi Pintar dibuka pada tanggal 17 Agustus, pukul 15.00 WIB, hingga tanggal 2 September 2020 sudah melebihi kuota (overbook).

“Sudah penuh pendaftarnya. Jadi pendaftaran itu dibuka plus 20 hari, kalau daftar hari ini berarti untuk 3 September. Setiap hari kami alokasikan 150 penukaran, sedangkan kami mendapatkan alokasi uang edisi khusus itu sebanyak 1,2 juta lembar,” katanya.

Komentar

VIDEO TERKINI