Bentrok Dua Kelompok di Pati, Polres Kantongi Identitas Pelaku yang Kabur

  • Bagikan
Kasat Reskrim Polres Pati AKP Sudarno saat mendampingi Kapolres Pati AKBP Arie Prasetya Syafaat saat gelar perkara di Mapolres Pati. (ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif)

PATI, RAKYATJATENG – Aparat Kepolisian Resor Pati, Jawa Tengah, sudah mengantongi identitas pelaku yang masih dalam pengejaran yang diduga terlibat dalam perkelahian hingga mengakibatkan satu korban tewas dan dua orang lainnya mengalami luka-luka.

“Dari tiga pelaku lain yang masih dalam pencarian, berdasarkan keterangan para tersangka yang lebih dahulu ditahan, ternyata dua orang di antaranya ikut gerombolan tetapi hanya menonton, sedangkan satunya diduga ikut terlibat dalam perkelahian,” kata Kapolres Pati AKBP Arie Prasetya Syafaat melalui Kasat Reskrim AKP Sudarno di Pati, Selasa (18/8/2020).

Ia mengakui sudah mengantongi identitas satu pelaku yang masih dalam pencarian tersebut.

Untuk sementara, lanjut dia, masih dalam pendalaman untuk bisa menangkap satu pelaku lain yang masih kabur.

Perkelahian kedua kelompok tersebut, kata dia, merupakan aksi spontan dari salah satu kelompok yang merasa tersinggung setelah dihadang kemudian dimintai uang.

Para pelaku yang tidak terima dengan perlakuan tersebut, bersama teman lainnya yang jumlahnya 11 orang mendatangi kelompok yang meminta uang sambil membawa senjata tajam.

“Kelompok yang meminta uang juga ada yang membawa senjata tajam,” ujarnya.

Atas peristiwa tersebut, dia mengimbau orang tua yang memiliki anak usia pelajar untuk mengawasinya secara ketat, mengingat saat masa pandemi COVID-19 seharusnya mereka tidak bergerombol dan bagi pelajar seharusnya belajar di rumah.

Ternyata, kata dia, selain membentuk kelompok, mereka juga minum-minuman keras, sedangkan usianya masih muda dan paling tua berusia 18 tahun.

Keberadaan Bhayangkara pembina keamanan dan ketertiban masyarakat (Bhabinkamtibmas), lanjut dia, bisa dimaksimalkan untuk mengingatkan berbagai pihak agar anak usia pelajar tidak sampai terlibat minum-minuman keras.

“Dari delapan pelaku yang ditangkap, sebagian di antaranya masih berstatus pelajar dan selebihnya tidak melanjutkan sekolah,” katanya.

Perkelahian berdarah tersebut terjadi di Jalur Lingkar Selatan (JLS) Pati, tepatnya di dekat Gardu Induk PLN Pati di Desa Mustokoharjo, Kecamatan Pati, Kabupaten Pati, Senin (17/8) sekitar pukul 02.00 WIB.

Adapun kronologis kejadian berawal ketika kelompok pelaku yang hanya beberapa orang melintasi tempat kejadian perkara, kemudian dihadang sejumlah orang dan dimintai uang sambil menunjukkan senjata tajam.

Kelompok pelaku yang tidak diterima dengan aksi penghadangan, mendatangi para pemalak dengan membawa senjata tajam, kemudian bentrokan dengan senjata tajam terjadi hingga menewaskan satu orang.

Adapun korban tewas bernama Satriya Nugroho (20) warga Kelurahan Pati Lor yang masih berstatus sebagai pelajar, sedangkan korban luka-luka bernama Tri Candra Purnama (19) warga Desa Tamansari Kecamatan Tlogowungu dan Moh Azis Sulistiawan (22) warga Desa Kutoharjo, Kecamatan Pati yang masih menjalani perawatan di RSUD Soewondo Pati. (Antara)

  • Bagikan