Bareng Nasdem, Gerindra Dukung Hak Angket Penanganan Covid-19 di Jepara

Agustus 13, 2020
Belum ada gambar

JEPARA, RAKYATJATENG – Wacana hak angket penangan Covid-19 yang diinisiasi Fraksi Nasdem disambut baik Fraksi Gerindra. Dengan begitu, ada 12 kursi dari dua fraksi yang berbeda yang mendukung bergulirnya hak angket. Fraksi Nasdem memiliki tujuh kursi dan Fraksi Gerindra memiliki lima kursi.

Ketua Fraksi Gerindra DPRD Jepara Purwanto mengatakan, jika wacana tersebut untuk kebaikan masyarakat Jepara, pihaknya siap mendukung.

Selama ini, penanganan Covid-19 di Jepara belum ada progres yang signifikan. Bahkan, masuk jajaran papan atas daerah zona merah di Jawa Tengah. ”Mestinya dengan dana yang cukup besar, ada kebijakan dan strategi yang terukur,” ujarnya.

Pihaknya menganggap, penanganan Covid-19 di Jepara belum maksimal. Akibatnya, angka terkonfirmasi positif semakin bertambah. Padahal dana yang dianggarkan mencapai Rp 203 miliar. ”Dampaknya kemana-mana. Mulai sektor ekonomi hingga pendidikan. Beberapa daerah bisa menggelar pembelajaran tatap muka, tapi Jepara belum bisa,” ujarnya.

Melalui hak angket itu, DPRD bisa melakukan penyelidikan terhadap kebijakan pemerintah daerah. Hak angket bisa diajukan minimal tujuh anggota DPRD lintas fraksi. Kemudian diajukan kepada pimpinan DPRD untuk digelar rapat paripurna, guna pembentukan panitia angket.

”Dengan merapatnya Gerindra sudah lebih dari cukup untuk diajukan ke pimpinan dewan. Sambil jalan terus komunikasi dengan fraksi lain. Termasuk dengan Fraksi PDIP,” katanya.

Terpisah, Ketua Fraksi PDIP Edy Ariyanto mengatakan, pihaknya belum menentukan sikap terkait usulan hak angket ini. Sebab, masih menunggu keputusan partai. ”Saat ini masih dalam kajian internal fraksi,” katanya.

Hal yang sama juga sampaikan Fraksi PKB. KH. Nuruddin Amin yang juga wakil ketua DPRD Jepara dari PKB masih mengkaji wacana itu. Terkait penanganan Covid-19, ia menilai kesadaran masyarakat sangat rendah. Sehingga membuat Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Jepara kewalahan.

Komentar

VIDEO TERKINI