Pulihkan Ekonomi Dampak Pandemi, Pemkab Karanganyar Akan Beli Panen Petani

  • Bagikan
Bupati Karanganyar Juliyatmono. (RUDI HARTONO/RADAR SOLO)

KARANGANYAR, RAKYATJATENG – Pemkab Karanganyar berencana mengeluarkan sejumlah kebijakan untuk memulihkan ekonomi yang terdampak pandemi Covid-19. Selain mengalokasikan anggaran, pemkab juga berencana memberikan bantuan bibit ke petani. Kemudian hasil panennya akan dibeli pemerintah.

Bupati Karanganyar Juliyatmono mengungkapkan, pemkab masih melakukan pembahasan terhadap alokasi anggaran yang nanti difokuskan untuk pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19. Sampai saat ini pihaknya masih menunggu hasil survei pertumbuhan ekonomi masyarakat oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

”Kami belum melihat survei secara intens karena prosesnya masih berlangsung. Yang jelas selain melakukan pencegahan penyebaran corona, pemerintah juga harus kembali membangkitan perekonomian masyarakat,” terang bupati, kemarin (3/8).

Diakui Yuli, sapaan akrab bupati, pencegahan dan menumbuhkembangkan perekonomian di masa pandemi saat ini memang tidak bisa disinkronkan. Lantaran kedua sektor tersebut saling bertentangan. Di satu sisi melakukan pencegahan, namun juga harus memulihkan perekonomian sebagaimana instruksi dari pemerintah pusat.

”Ya untuk menjalankan kedua program tersebut, maka kami rencanakan produk-produk atau hasil pertanian dari masyarakat sebagian akan dibeli oleh pemerintah. Kami akan berikan bibit, kemudian nanti hasil panennya akan kami beli,” terang bupati.

Untuk alokasi anggaran recovery, lanjut bupati, akan segera diusulkan ke DPRD untuk dibahas dalam anggaran perubahan. ”Kami akan usulkan itu di anggaran perubahan. Kebutuhannya berapa, karena saat ini anggaran minim setelah adanya refocusing,” teranganya.

Sementara itu, Ketua DPRD Karanganyar Bagus Selo berharap pemulihan ekonomi difokuskan pada pengelola usaha mikro kecil menengah (UKM).

”Beberapa anggaran memang kembali nanti. Tapi untuk recovery itu, saya harapkan digunakan secara jelas peruntukannya,” jelas Bagus Selo.

Rencana Pemulihan Ekonomi Kabupaten Karanganyar:

• Pemkab berencana membeli hasil panen petani
• Pemkab juga akan memberikan bantuan bibit ke petani
• Mengalokasikan anggaran untuk recovery
• Beri Perhatian Sektor UKUM (usulan DPRD)

(rs/rud/per/JPR/JPC)

  • Bagikan