Pilkada Wonogiri: Tantang Calon dari PDIP, PKB-Gerindra Usung Hartanto-Joko

Agustus 4, 2020
Belum ada gambar

WONOGIRI, RAKYATJATENG – Siapapun pasangan calon bupati-waki bupati yang diusung PDIP, nantinya tak bakal bertarung tunggal di Pilkada Wonogiri, Jawa Tengah. Sebab, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dikabarkan telah menjalin koalisi dengan Partai Gerindra untuk mengusung pasangan calon Hartanto dan Joko Purnomo.

Hartanto merupakan pensiunan polisi, sedangkan Joko Purnomo, mantan ketua KPU Jawa Tengah. Saat dimintai konfirmasi, Sekretaris DPC PKB Wonogiri Witanto membernarkan soal koalisi tersebut. “Insya Allah benar,” ungkap Witanto, Senin (3/8).

Namun, meski menyatakan dukungannya kepada pasangan yang disingkat Harjo itu, pihaknya masih menunggu turunnya rekomendasi dari tingkat DPP. “Masalah rekom tunggu saja. Pada saatnya nanti akan kita umumkan atau deklarasikan,” jelas dia.

Witanto menilai, pasangan Harjo memiliki integritas dan kemampuan sebagai calon bupati maupun wakil bupati. Selain itu, pihaknya juga ingin demokrasi bisa tetap berjalan.

“Kalau calonnya calon tunggal kan kurang afdol untuk demokrasi. Kami ingin memberikan warna dan juga pilihan kepada masyarakat di pemilihan bupati dan calon bupati Wonogiri 2020 ini,” paparnya.

Witanto menambahkan, PKB tidak bisa mengusung pasangan Harjo sendirian. Ada beberapa parpol lain yang menurutnya berkomitmen untuk bersatu, memenangkan pasangan tersebut.

Parpol mana saja yang sudah berkomitmen? Witanto belum bisa mengatakannya. Dia hanya menyebut, PKB sudah menjalin komitmen dengan beberapa partai menengah lain di Wonogiri. Menurutnya, dalam kontestasi politik rasa optimisme untuk menang harus dimiliki.

“Yang namanya demokrasi, ada yang menang ada yang kalah. Tentu kami harus optimistis, ada dukungan beberapa tokoh masyarakat kepada kami,” bebernya.

Terpisah, Ketua DPC Partai Gerindra Wonogiri Suryo Suminto pun membenarkan kabar bahwa partainya akan mengusung pasangan Harjo. “Rekom hari ini sudah dikantongi. Dari DPP Gerindra sudah merekomendasikan pasangan Harjo,” ungkap Suryo.

Komentar

VIDEO TERKINI