Pasang Sambungan Listrik 15 Ribu Rumah Warga Miskin, Jateng Gelontorkan Bansos Rp16 M Lebih

Agustus 1, 2020

SEMARANG, RAKYATJATENG – Pemprov Jateng menggelontorkan bantuan sosial (Bansos) untuk pemasangan sambungan listrik ke 15 ribu unit rumah dengan nilai lebih dari Rp16 miliar.

Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Tengah Sujarwanto menjelaskan tahun ini Jateng menargetkan pemasangan sekitar 15 ribu unit sambungan listrik rumah di seluruh daerah di provinsi ini bagi mereka yang membutuhkan.

“Pemasangan sambungan listrik ini merupakan program bantuan sosial (Bansos) dan hibah dalam bentuk barang/jasa tahun anggaran 2020,” kata Sujarwanto Dwiatmoko.

“Listrik rumah, sambungan listrik untuk orang miskin itu bahkan (jumlahnya) sampai Rp16 miliar sekian,” kata Sujarwanto.

Sujarwanto menjelaskan dana Bansos tersebut dialokasikan kepada 15 ribu kepala keluarga (KK) warga kurang mampu berupa sambungan listrik rumah dengan total bantuan sosial yang diberikan untuk sambungan listrik senilai Rp16.362.600.000.

Menurut Sujarwanto pelaksanaan pekerjaan pemasangan sambungan listrik telah berjalan dengan capaian rata-rata karena sambungan listrik rumah di semester pertama mencapai 43,76 persen, atau terpasang 6.564 unit dari target 15 ribu unit.

Sejumlah daerah yang telah dilakukan pemasangan sambungan listrik rumah antara lain Kabupaten Pati, Kudus, Jepara, Grobogan, Rembang, Blora, Klaten, Magelang, Boyolali, Kendal, Demak, Kota Semarang, dan lainnya.

Di Demak misalnya, lanjut dia, untuk target pemasangan listrik di 544 titik dengan jumlah yang sudah terinstal sebanyak 322 titik. Sementara, di Kota Semarang targetnya enam titik dan Kendal targetnya 250 titik.

Pihaknya berharap dengan Bansos pemasangan listrik rumah tersebut warga bisa terbantu, khususnya mereka yang selama ini mengandalkan listrik dari sambungan rumah sekitar seperti mereka dari keluarga miskin.

Komentar