Sastrawan Ajip Rosidi Berpulang, Akan Dimakamkan di Magelang

Juli 30, 2020
Belum ada gambar

MAGELANG, RAKYATJATENG – Sastrawan dan budayawan Ajip Rodisi berpulang dalam usia 82 tahun, Rabu, sekitar pukul 22.30 WIB dalam perawatan pascaoperasi di RSUD Tidar Kota Magelang, Jawa Tengah.

Jenazah Ajip Rosidi akan dimakamkan di makam keluarga yang berada di sebelah timur rumah duka di Desa Pabelan, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Kamis (30/7/2020).

Menurut anak lelaki Ajip Rosidi, Titis Nitiswari, rencananya jenazah Ajip dimakamkan sekitar pukul 11.00 WIB.

Ajip Rosidi meninggal dunia pada usia 82 tahun di Rumah Sakit Umum Daerah Tidar Kota Magelang pada Rabu (29/7), setelah sekitar sepekan menjalani perawatan di rumah sakit. Dia meninggalkan seorang istri, Nani Wijaya, serta enam anak, 11 cucu, dan empat cicit.

Titis mengatakan bahwa ayahnya dibawa ke rumah sakit pada Kamis (23/7) dan pada Sabtu (25/7) menjalani operasi karena mengalami pendarahan otak.

“Selama ini Bapak juga menderita kanker,” katanya.

Ajib berasal dari Jatiwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Dia menaruh minat besar pada perkembangan bahasa dan sastra Sunda.

Ia telah menghasilkan ratusan karya dalam bentuk buku maupun publikasi tulisan serta mendapatkan gelar doktor kehormatan bidang ilmu budaya dari Universitas Padjadjaran pada 2011. (Antara)

Komentar

VIDEO TERKINI