Petugas Temukan Puluhan Hewan Tak Layak Kurban, Pedagang Berdalih Butuh Uang

Juli 30, 2020
Belum ada gambar

JEPARA, RAKYATJATENG – Puluhan hewan tak layak untuk kurban ditemukan di wilayah eks-Karesidenan Pati dan Grobogan, Jawa Tengah. Di Kabupaten Jepara Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Jepara menemukan 52 hewan tak layak untuk kurban. Di Kabupaten Blora ada dua. Di Kabupaten Grobogan 36 ekor kambing dan sapi.

Puluhan hewan itu tak layak kategori kurban karena beberapa hal. Mulai dari belum poel atau memenuhi usia kurban, bunting, cacat, dan sakit.

Di Kabupaten Jepara temuan terbanyak hewan tak cukup umur. Jumlahnya mencapai 29 ekor. Selain itu, ada pula hewan cacat, bunting, dan dalam kondisi sakit.

Kepala DKPP melalui Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Mudhofir mengaku memeriksa hewan kurban di beberapa lokasi. Mulai dari Pasar Hewan Bangsri, Pasar Hewan Mayong, Pasar Hewan Keling, dan sejumlah pasar tiban yang menjual hewan ternak jelang Idul Adha.

Khusus di Pasar Hewan Bangsri, ditemukan sebelas hewan tak layak kurban. Di Pasar Hewan Mayong ditemukan tujuh hewan tak layak kurban.

Di Pasar Hewan Keling, ditemukan 11 hewan tak layak kurban. Sementara di pasar tiban, ditemukan 23 kambing belum cukup umur.

Terkait temuan kambing tak cukup umur atau belum poel, Mudhofir menyatakan, berdasarkan keterangan penjual, hewan-hewan tak layak kurban dijual karena mereka butuh uang. ”Jadi tidak dijual sebagai hewan kurban,” jelasnya.

Kasi Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Endah Ning Wijayanti menambahkan dengan temuan tersebut pihaknya meminta pedagang tidak menjual hewan tidak layak untuk kurban. ”Disampaikan ke pembeli agar tidak dijual sebagai hewan kurban. Yang sakit dipisahkan untuk diobati dan yang belum cukup umur dipisahkan, dapat dijual untuk dipelihara,” ungkapnya.

Komentar

VIDEO TERKINI