13 WNI Ikut Berhaji, Hari Ini Jalani Wukuf

Juli 30, 2020
Belum ada gambar

MAKKAH, RAKYATJATENG – Hari ini (30/7) jamaah haji menjalani wukuf di Padang Arafah. Hampir bisa dipastikan, tidak akan ada pemandangan Jabal Rahmah yang memutih dipadati jamaah haji seperti tahun-tahun sebelumnya. Sebab, di tengah pandemi Covid-19 yang masih terjadi di Arab Saudi, jumlah jamaah haji dibatasi hanya seribu orang.

Jumlah tersebut tentu sangat sedikit bila dibandingkan dengan tahun lalu. Jumlah jamaah haji tahun ini hanya 0,04 persen dari total jamaah haji tahun lalu. Seperti diketahui, tahun lalu jumlah jamaah haji mencapai rekor tertinggi, yakni 2.489.406 orang.

Konsul Haji KJRI Jeddah Endang Jumali menjelaskan, pada 8 Zulhijah (29/7) subuh, seluruh jamaah bergerak ke miqat atau titik awal niat ihram di Qarnul Manazil, Thaif.

Setelah itu jamaah menuju ke Makkah untuk menjalankan tawaf qudum di Masjidilharam.

Dari video yang beredar, pelaksanaan tawaf qudum diatur sedemikian rupa. Jamaah haji wajib berjalan sesuai dengan garis yang sudah ditentukan. Garis mengitari Kakbah itu berjarak sekitar 2 meter dari garis berikutnya. Jamaah yang tawaf sesuai garis juga harus menjaga jarak dengan jamaah di depan atau di belakangnya.

Tidak ada pemandangan jamaah berebut mencium Hajar Aswat. Maupun jamaah yang berebut untuk bisa salat di Hijir Ismail yang berada di samping Kakbah. ”Besok pagi (hari ini, 30/7, Red) jamaah bergerak ke Arafah,” kata Endang saat dihubungi kemarin.

Karena jumlah jamaah yang sangat sedikit, pergerakan ke Arafah dilaksanakan pada 9 Zulhijah atau bertepatan dengan hari wukuf. Dalam keadaan normal, jamaah Indonesia sudah mulai bergerak dari Makkah menuju Arafah dini hari pada tanggal 8 Zulhijah atau H-1 wukuf. Pertimbangannya adalah jumlah jamaah yang besar dan keterbatasan armada bus.

Komentar

VIDEO TERKINI