Pandemi Covid-19, Wisuda Undip Akan Hadirkan Robot Peraga

  • Bagikan

SEMARANG, RAKYATJATENG – Wisuda ke-159 Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, pada 27-30 Juli 2020 bakal berbeda dengan prosesi wisuda sebelumnya. Kegiatan akan dilaksanakan secara daring dengan menghadirkan robot peraga wisudawan dan wisudawati.

Robot ini menggantikan kehadiran fisik para wisudawan dan wisudawati yang tidak bisa hadir pada acara wisuda, karena sejumlah kebijakan pandemi Covid-19 dalam upaya mencegah penularan virus corona.

Menurut Pelaksana tugas (Plt) Wakil Rektor Undip Bidang Komunikasi dan Bisnis, Dwi Cahyo Utomo, robot peraga ini dirancang semirip mungkin dengan sosok wisudawan-wisudawati. Robot itu berpakaian celana hitam, memakai jubah wisuda lengkap dengan toga.

Adapun robot yang mewakili wisudawati memakai kain jarik bermotif cerah. Badannya menggunakan jubah hitam seperti wisudawan.

Bagi wisudawati yang berjilbab diwakili robot yang kepalanya ditutup jilbab dan wisudawati yang tidak berjilbab diwakili robot dengan rambut sintesis berkepang dan bertoga.

“Tinggi robot disesuaikan dengan tinggi rata-rata orang Indonesia pada umumnya yaitu sekitar 160 sentimeter. Robot ini berdiri di atas kotak dilengkapi dengan roda dan mesin penggerak dengan daya berasal dari batere kering (aki),” katanya.

Untuk menjalan robot maju dan mundur, serta dan berputar menggunakan remote control yang dikendalikan dari jarak hingga 15 meter.

“Wisuda ke-159 ini mengusung tema robotik. Kami tidak hanya menghadirkan aksi robot peraga wisudawan wisudawati, tetapi juga menampilkan tayangan tentang pencapaian-pencapaian riset dan inovasi Undip, khususnya di bawah Pusat Riset Unggulan Iptek Undip untuk Teknologi Kesehatan,” ujarnya.

Dia mengatakan, salah satunya inovasi itu di bidang robotik dengan mengembangkan tangan bionik yang sudah banyak penggunanya, di antaranya tenaga kerja Indonesia di Korea.

“Undip juga mengembangkan robot medis untuk membantu tenaga medis menangani pasien Covid-19. Dan, pada wisuda kali ini, Undip menghadirkan robot peraga wisudawan untuk memeriahkan wisuda daring,” paparnya.

Robot ini akan mewakili tiga wisudawan-wisudawati terbaik di tiap fakultas. Adapun wisuda ke-159 ini diikuti 2.561 wisudawan yang terbagi ke dalam 11 tahap. Pada 27- 29 Juli, masing-masing tiga tahap. Untuk 30 Juli berlangsung dua tahap.

Tahap I dimulai pukul 08.00 WIB, tahap II dimulai pukul 11.00 WIB dan tahap III dimulai pukul 14.00 WIB. Setiap tahap diperkirakan memakan waktu selama 2 jam. Wisuda ini juga disiarkan secara daring dari Gedung Prof Soedarto SH Kampus Tembalang dan dapat disaksikan melalui Youtube channel Undip TV Official.

Sementara itu, pada wisuda kali ini ada dua mahasiswa asing, Hasan Ali M Ali asal Libya dari Program Studi S-2 Ilmu Lingkungan dan Kagiraneza Alexis Fidele asal Rwanda dari Program Studi S-2 Sistem Informasi. (Sen)

  • Bagikan