Wakil Walikota Solo Positif Covid, Purnomo: Saya Merasa Sehat-sehat Saja

SOLO, RAKYATJATENG – Wakil Wali Kota Surakarta Achmad Purnomo terkonfimasi positif Covid-19. Walikota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo meminta seluruh pihak untuk tenang dan menjaga kesehatan. Dia juga berdoa agar wakilnya segera diberi kesembuhan.

Kabar terpaparnya Purnomo kali pertama terdengar di kalangan anggota Fraksi PDIP DPRD Surakarta, Jumat (24/7). Mereka mempertanyakan kebenaran kabar tersebut kepada satu dengan yang lain.

Mereka merasa khawatir karena sempat berinteraksi langsung dengan Purnomo saat Sidang Paripurna DPRD yang digelar Rabu (22/7). Kepastian kabar tersebut kemudian disampaikan Ketua DPRD Budi Prasetyo.

“Iya, betul. Tadi pagi saya dikabari Pak wali saat mider praja bahwa Pak Pur positif,” kata Budi.

Budi sendiri mengaku berinteraksi langsung dengan Purnomo di sela-sela rapat paripurna. Dia juga sempat berbicara banyak di luar gedung bersama Rudy. “Mudah-mudahan Pak Pur lekas sembuh, semua juga sehat-sehat dan bebas dari Covid-19,” ujar Budi berharap.

Walikota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo meminta siapapun untuk tidak takut dengan kondisi saat ini. Termasuk pihak-pihak yang pernah berinteraksi dengan Purnomo.

“Saya pas virtual karo lurah, camat, kan jejer (berdampingan), ora popo (tidaka apa-apa), rasah wedi (tidak usah takut). Siji, ora entuk wedi (pertama, tidak boleh takut). Loro, ora entuk stres (tidak boleh stres). Sing telu ora entok nesu (ketiga tidak boleh marah),” kata dia.

Meski tak boleh takut, walikota memerintahkan jajarannya di balai kota yang sempat berinteraksi dengan Achmad Purnomo agar mengikuti uji swab.

“Semua yang di kantor balai kota dan siapa saja yang melakukan kontak erat diminta ikut swab,” tegasnya.

Dihubungi terpisah, Achmad Purnomo membenarkan jika dirinya terkonfirmasi positif. Kabar tersebut diterimanya Kamis sore (23/7). Dia sendiri melakukan swab pertama pada Jumat (17/7) sepulang dari Jakarta.

Kemudian swab kedua dilakukan sehari setelahnya. Seluruh proses swab dilakukan di rumahnya di jalan Bhayangkara, Laweyan.

“Swab pertama itu katanya masih abu-abu, antara positif dan negatif. Swab kedua katanya mendekati positif. Tapi saya merasa sehat-sehat terus. Mohon doanya saja agar kita semua diberi kesehatan,” papar Purnomo.

Saat ini, Purnomo melakukan karantina mandiri di kediamannya. (rs/irw/per/JPR/JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Sonny Wakhyono