Perhatikan! 7 Kesalahan Pakai Masker yang Harus Dihindari

Juli 26, 2020

SEMARANG, RAKYATJATENG – Masker adalah jurus paling efektif untuk menghentikan penyebaran Covid-19. Tapi banyak orang masih malas mengenakannya, atau justru tidak menggunakannya dengan benar.

Dilansir dari Live Strong, Minggu (26/7), menurut para peneliti dan organisasi kesehatan, ada beberapa kesalahan yang harus dihindari saat memakai masker. Sehingga penggunaan masker akan efektif mencegah droplet atau percikan virus dari seseorang yang terinfeksi.

Kesalahan 1: Menghentikan Masker

Siapa pun harus mengenakan masker wajah di luar rumah mereka, terutama ketika jarak sosial sulit untuk dipertahankan sesuai anjuran Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS.

“Ini sangat penting di tempat-tempat berisiko tinggi di mana sulit untuk jarak sosial,” kata Asisten Profesor di Departemen Patologi di Universitas Johns Hopkins di Baltimore, Kate Grabowski, PhD,

Kesalahan 2: Mengenakan Masker dengan Cara Tidak Tepat

Setiap orang mengenakan masker yang melorot atau kendur dengan membuat lubang hidung mereka terbuka, artinya masker tersebut tidak pas lagi. Saat masker merosot kemungkinan tertular bisa terjadi.

Kesalahan 3: Menyentuh atau Menarik-narik Masker

Ingat, memakai masker terutama dimaksudkan untuk mencegah penyebaran infeksi ke orang lain. Jadi, jika terus menariknya, itu menghapus semua tujuannya.

“Jika kamu melepas maskermu dan kemudian batuk atau mulai berbicara, kamu berpotensi menyebarkan Covid-19,” jelasnya.

Kesalahan 4: Lupa Pakai Sabun dan Air atau Pembersih Tangan

Sebelum mengenakan masker Anda, CDC merekomendasikan untuk mencuci tangan Anda. Dan, jika Anda menyentuh masker, Anda harus mencuci tangan lagi. Setelah Anda tiba di rumah, lepaskan talinya atau lepaskan loop dari telinga, lipat sudut-sudut luar dari penutup wajah bersama-sama dan tempatkan di tempat sampah. Lalu cuci tangan Anda.

Komentar