Operasi Patuh Candi 2020, Polda Jateng Turunkan 2.600 Personel

Juli 23, 2020
Belum ada gambar

SEMARANG, RAKYATJATENG – Jajaran kepolisian di berbagai wilayah di Indonesia akan menggelar operasi ketertiban berlalu lintas mulai Kamis 23 Juli hingga 5 Agustus 2020, termasuk di wilayah Jateng.

Pelaksanaan operasi dimulai dengan dilaksanakannya Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Candi 2020 yang dipimpin oleh Kapolda Jateng Irjen Pol Drs Ahmad Luthfi yang diikuti seluruh personel di halaman Mapolda Jateng, Semarang, Kamis (23/7/2020).

Tampak hadir Wakapolda Jateng Brigjen Pol Abiyoso Seno Aji, Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol Arman Achdiat dan Pejabat Utama Polda Jateng serta instansi terkait.

Dalam operasi yang berlangsung selama dua pekan ini, selain kampanye ketertiban lalu lintas, sekaligus menjadi ajang penyuluhan adaptasi kebiasaan baru di tengah pandemi Covid-19.

Kapolda Jateng Irjen Pol Drs Ahmad Luthfi mengatakan, Operasi Patuh Candi 2020 ini dalam rangka meningkatkan kedisiplinan masyarakat berlalu lintas di masa adaptasi kebiasaan baru atau normal baru, dengan kedepankan protokol kesehatan.

“Tentu Polri dalam hal ini Ditlantas Polda Jateng dan Polres jajaran akan mengedepankan aspek preemtif, preventif serta humanis sehingga tidak salah manakala nanti para pelanggar diutamakan tentang pendidikan masyarakat terutama protokol kesehatan,” ujar Kapolda.

Dalam mengawal protokol kesehatan, kata Kapolda, misalnya menjumpai pengendara yang tidak mengenakan masker, sarung tangan akan diingatkan.

“Contoh misalnya masyarakat tidak pakai masker kami ingatkan. Termasuk pelanggaran yang sifatnya mempunyai aspek bagi keselamatan lalu-lintas baru kita tindak tegas, lainnya itu kita gunakan edukasi kepada masyarakat terutama mendukung kebijakan pemerintah terkait dengan protokol kesehatan,” ujar dia.

Menurut Kapolda, ada 2.600 personel yang diterjunkan dari Polda sampai Polres jajaran dalam Operasi Patuh Candi 2020 maupun Instansi samping. Personel yang terlibat dipastikan telah menaati protokol kesehatan.

Komentar

VIDEO TERKINI