Dosen Undip Ciptakan Alat Sterilisasi Udara, Bisa Bunuh Virus Corona

Juli 21, 2020

SEMARANG, RAKYATJATENG – Dosen epidemiologi di Universitas Diponegoro (Undip) Semarang membuat alat sterilisasi udara berbasis sinar ultraviolet yang bisa membunuh virus corona penyebab COVID-19.

​​​​​​Alat sterilisasi udara buatan dosen program pascasarjana Undip Budi Laksono tersebut mulai dibuat pada Maret 2020 dan dinamai Air Sterilizator BC19.

“Virus ini tidak perlu kita filtrasi, tapi kita matikan dengan sinar (ultraviolet),” kata Budi dalam acara diskusi virtual, Selasa (21/7/2020).

Ia menambahkan, ultraviolet (UV) merupakan efektif untuk membunuh virus dan telah digunakan dalam sterilisasi air di seluruh dunia.

Budi menjelaskan, alat sterilisasi udara berbasis sinar ultraviolet dibuat menggunakan lampu, kipas angin, filter, kayu, dan paku. Dalam hal ini, tabung ultraviolet dimasukkan ke dalam kotak kayu bersama kipas angin dan filter.

Kipas angin akan mengisap udara dari luar ke dalam kotak. Udara yang masuk akan melewati sinar ultraviolet yang ada di dalam kotak dan keluar dari kotak dalam keadaan sudah bersih dari virus.

“Lewatnya udara ke dalam boks ultraviolet itu otomatis udara akan mengalami sterilisasi sehingga udara yang keluar dari boks itu, virus-virusnya sudah pada mati,” kata Budi.

Dengan alat sterilisasi berkapasitas lima liter per menit, ia menjelaskan, ruangan seluas 54 meter persegi dapat disterilkan dalam waktu sekitar 10 menit.

Menurut dia, alat sterilisasi itu aman digunakan sepanjang hari bahkan ketika ada orang di dalam ruangan.

“Kalau ada orang di dalam ruangan itu alat ini bisa menyala terus karena ini dia ultraviolet tapi dia dalam satu boks jadi tidak keluar itu cahaya,” katanya.

​​​​​​”Justru selama orang itu ada di kantor alat ini harus menyala karena ketika salah satu di kantor itu ada orang yang OTG (orang tanpa gejala) otomatis udara langsung disterilkan,” ia menambahkan.

Komentar