MotoGP: Quartararo Jawara di Jerez, Marquez Terpelanting

Juli 19, 2020
Belum ada gambar

RAKYATJATENG – Fabio Quartararo merebut kemenangan perdana di tahun keduanya membalap di MotoGP setelah menjuarai Grand Prix Spanyol di Sirkuit Jerez-Angel Nieto, Minggu.

Quartararo berhasil mengonversi pole position menjadi kemenangan pertama bagi tim satelit Petronas Yamaha, mengalahkan pebalap tim pabrikan Yamaha, Maverick Vinales yang finis runner-up, 4,603 detik berselang.

Andrea Dovizioso, yang telah pulih dari cedera tulang selangka, melengkapi podium hari itu di tempat ketiga untuk Ducati, demikian laman resmi MotoGP.

Pebalap berusia 21 tahun itu menjadi pebalap Prancis pertama yang menjuarai Grand Prix di kelas premier setelah Regis Laconi di Grand Prix Valencia 1999.

Balapan pembuka kelas MotoGP itu berlangsung tanpa penonton dan di bawah protokol ketat COVID-19 setelah tertunda krisis kesehatan global selama empat bulan.

Vinales menjalani start yang baik dari P2 menyalip Quartararo untuk memimpin lomba.

Kecepatan awal Vinales itu karena hanya dia dan Valentino Rossi yang menggunakan kombinasi ban depan soft dan belakang soft, di saat para rival lebih memilih ban depan hard dan belakang soft.

Membuntuti pimpinan lomba, Marc Marquez berhasil menyalip Vinales di lap ketiga, namun dua putaran berselang ia kehilangan kendali motornya dan melebar ke gravel, beruntung pebalap tim Repsol Honda itu mampu kembali ke trek kendati terlempar di luar 15 besar.

Quartararo perlahan-lahan memperbaiki posisinya dan membuntuti Vinales.

Di lap ke-9, Vinales membuat kesalahan dan dengan mudah disalip oleh Quartararo dan Jack Miller.

Berada di belakang para rival, Marquez menunjukkan kelasnya sebagai juara MotoGP enam kali dan perlahan namun pasti memperbaiki posisinya hingga kembali ke jajaran depan.

Komentar

VIDEO TERKINI