Gagal Diusung PDIP, Purnomo Pensiun Berpolitik, Tegaskan Tak Ikut Tim Gibran-Teguh

  • Bagikan
Achmad Purnomo yang kini masih tercatat sebagai kader PDIP menyatakan diri akan berhenti dari politik. (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

SOLO, RAKYATJATENG – Wakil Walikota Surakarta Achmad Purnomo berencana pensiun dari dunia politik. Dia hanya akan menyelesaikan tugasnya mendampingi Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo hingga Februari mendatang.

Keputusan itu diambil setelah dirinya gagal memperoleh rekomendasi DPP PDIP sebagai bakal calon walikota Surakarta di Pilkada 2020.

Ditemui di balai kota, Sabtu (18/7), Purnomo mengaku sudah legawa dengan keputusan partainya. Dia sudah melihat dipilihnya Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wali kota sebagai realitas politik. Sebelumnya dia mengaku kecewa, namun hal itu dianggap manusiawi.

“Sebagai manusia kalau saya mengatakan tidak kecewa itu kayaknya nggak normal. Sebagai manusia pasti ada rasa kaget kecewa, itu lumrah. Sekarang biasa saja,” katanya.

Kini, Purnomo tak ingin bergelut dalam urusan Pilkada 2020. Dia memilih fokus menyelesaikan masa kerjanya sebagai wakil wali kota Surakarta. Bahkan, dia tidak akan bergabung dalam tim pemenangan Gibran-Teguh. Pengusaha SPBU ini juga memastikan tidak akan menerima pinangan partai lain untuk maju sebagai calon wali kota Surakarta.

“Ditanya kapok ndak berpolitik? Ya pokoknya saya berhenti (berpolitik). Kembali ke kegiatan sosial saya, bisnis, yang positif saja. Pokoknya Solo aman, tentram, damai gitu saja. Yang realistis saja,” tegasnya.

Dalam perpolitikan Kota Solo, perjalanan Purnomo banyak menemui jalan terjal. Mencalonkan diri melalui Partai Amanat Nasional (PAN) pada 2005, pasangan Purnomo-Istar Yuliadi kalah dengan pasangan Joko Widodo-F.X. Hadi Rudyatmo.

Dia lalu ditarik untuk bergabung dengan PDIP menggantikan posisi Rudy sebagai wakil walikota pada 2013. Rudy sendiri naik kala itu menjadi walikota setelah pasangannya Joko Widodo mengundurkan diri dan mencalonkan diri sebagai gubernur DKI Jakarta.

Purnomo kembali mencoba peruntungan pada Pilkada 2015. Dia mendaftarkan diri ke DPP PDIP sebagai bakal calon walikota, namun gagal dan harus menerima rekomendasi sebagai wakil walikota mendampingi Rudy hingga sekarang.

Terpisah, bakal calon wali kota Surakarta yang disusung PDIP, Gibran Rakabuming Raka menyatakan siap bertemu Purnomo. Melalui pesan WhatsApp, putra sulung presiden Joko Widodo ini tengah menyusun agenda pertemuan. “Pak Pur di luar kota,” katanya. (irw/ria)

(rs/irw/per/JPR/JPC)

  • Bagikan