Ini 4 Jenis Masker Kain, Mana Yang Paling Efektif Cegah Corona?

Juli 18, 2020
Belum ada gambar

SEMARANG, RAKYATJATENG – Pakar kesehatan sudah menekankan pentingnya mengenakan masker terutama saat ke luar rumah demi mencegah paparan virus corona baru penyebab COVID-19.

Masker idealnya bisa memblokir tetesan pernapasan atau droplet dari batuk atau bersin–metode utama penyebaran COVID-19–bersama dengan partikel udara yang lebih kecil, yang disebut aerosol yang diproduksi ketika orang berbicara atau menghembuskan napas.

Selain masker bedah, kini orang-orang mengenakan masker berbahan kain untuk menutup mulut dan hidung mereka. Lantas mana masker kain terbaik? Berikut ulasannya seperti dilansir dari Business Insider, Sabtu (18/7/2020):

  1. Masker Hibrida

Para peneliti di Inggris menyatakan masker “hibrida” yakni menggabungkan dua lapisan kain dan biasanya juga berbahan seperti katun, sutra, sifon, atau flanel, menyaring lebih dari 80 persen partikel kecil (kurang dari 300 nanometer) dan lebih dari 90 persen partikel lebih besar (lebih besar dari 300 nanometer).

Menurut peneliti, kombinasi katun dan sifon memberikan perlindungan yang paling besar, diikuti oleh katun dan kain flanel, katun dan sutra, dan empat lapis sutera alam.

Para peneliti menyarankan masker ini bahkan mungkin lebih baik dalam menyaring partikel kecil daripada masker N95, meskipun tidak selalu lebih baik dalam menyaring partikel yang lebih besar.

Dua lapis katun atau dua lapis sifon mungkin lebih baik dalam menyaring partikel kecil daripada masker bedah.

  1. Masker Tiga Lapis Kain

WHO merekomendasikan masker kain memiliki tiga lapisan: lapisan dalam yang menyerap, lapisan tengah yang menyaring, dan lapisan luar yang terbuat dari bahan nonabsorben seperti poliester.

Sebuah studi Universitas Illinois yang masih menunggu tinjauan sejawat, menemukan, tiga lapis sutra atau 100 persen katun mungkin sama protektifnya dengan masker medis.

Komentar

VIDEO TERKINI