Usai Tes Esai, Hari Ini 30 Calon Anggota KPID Jateng Bersaing Buat Makalah

Juli 16, 2020

SEMARANG, RAKYATJATENG – Tim seleksi (Timsel) calon anggota Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Tengah menugaskan 30 orang peserta membuat makalah sebagai salah satu syarat pencalonannya. Pembuatan makalah merupakan rangkaian lanjutan dari tes tertulis sebelumnya.

Anggota Tim Seleksi Calon Anggota KPID Jateng Periode 2020-2023 Amirudin menyampaikan, tes yang diselenggarakan Kamis (16/7/2020) di gedung Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Jateng, merupakan rangkaian tes kompetensi.

Jika Rabu (15/7/2020) kemarin tes dilakukan dengan menyelesaikan soal esai dengan tulis tangan, kali ini tes dilanjutkan dengan membuat paper menggunakan komputer.

“Tes kompetensi itu tes tertulis yang dimulai dari hari kemarin. Tes tertulis kemarin dalam bentuk esai. Hari ini tes tertulis juga yang dalam bentuk paper. Paper yang ditulis on the spot, langsung,” kata Amirudin ditemui di sela-sela ujian pembuatan makalah, Kamis (16/7/2020).

Dia menuturkan untuk hasil tes kompetensi akan diumumkan pada Selasa (21/7/2020). Praktis bagi peserta yang lolos dua tes yaitu tes tertulis meliputi pembuatan esai, dan pembuatan makalah, akan berlanjut mengikuti psikotes. Setelah psikotes selesai, peserta yang lolos akan berlanjut pada wawancara atau semacam kelayakan dan kepatutan (fit and proper test).

Nantinya, imbuh Amirudin, timsel akan memilih peserta sedikitnya 14 orang. Sebba sesuai peraturannya, jumlah peserta yang lolos sekurang-kurangnya dua kali dari jumlah keanggotaan di KPID Jateng berjumlah tujuh orang. Ke-14 orang nama yang lolos akan dilaporkan ke gubernur dan disampaikan ke DPRD Jateng.

Kemudian wilayah selanjutnya berada di ranah DPRD untuk melakukan uji kepatutan dan kelayakan. Setelah itu, DPRD akan menetapkan tujuh orang sebagai anggota KPID Jateng periode 2020-2023. Sedangkan tujuh orang nama lainnya akan menjadi cadangan dari anggota tetap.

Komentar