Kabar Baik, 50 Pasien Covid-19 di Batang Dinyatakan Sembuh

Juli 15, 2020
Belum ada gambar

BATANG, RAKYATJATENG – Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah menginformasikan 50 orang dari 76 pasien kasus positif Covid-19 dinyatakan sembuh, dan 23 orang masih dirawat dan tiga lainnya meninggal.

“Jumlah kasus positif COVID-19 ini, hampir separuhnya adalah orang tanpa gejala,” kata Bupati Batang Wihaji saat mencanangkan Gerakan Zero Covid-19 di Batang, Rabu (15/7/2020).

Menurut dia, berdasar data peta penyebaran kasus virus corona tidak ada klaster baru. Demikian pula, berdasar penyisiran (tracking) kasus positif Covid-19 ini merupakan turunan orang yang positif sehingga mudah melokalisasi dan mengisolasi hingga dinyatakan sembuh.

“Oleh karena, saya berharap semua pihak terpasuk para aparatur desa terus mengedukasi masyarakat agar tetap patuh pada protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak,” katanya.

Wihaji mengatakan bahwa Kabupaten Batang sudah menerapkan adaptasi kehidupan baru tetapi lonjakan jumlah kasus Covid-19 cenderung mengalami peningkatan.

Karena itu, kata dia, untuk mengurangi kasus pandemi COVID-19, pemkab mencanangkan program “Gerakan Zero Covid-19” di Desa Gombong, Kecamatan Pecalungan, Rabu.

Ia mengatakan tujuan “Gerakan Zero Covid-19 adalah di antaranya untuk menekan laju kasus virus corona di daerah dengan menerapkan karantina kewilayahan di tingkat rukun tetangga (RT) apabila ada warga positif Covid-19.

“Melalui gerakan ini, kami berharap tidak ada lagi warga yang positif Covid-19. Demikian pula, apabila ada orang yang terinfeksi virus corona maka harus dilokalisasi dan diisolasi agar tidak menyebar,” katanya. (Antara)

Komentar

VIDEO TERKINI