Gugus Tugas Terus Kaji Penularan Covid-19 lewat Udara

Juli 13, 2020
Belum ada gambar

JAKARTA, RAKYATJATENG – Temuan penularan Covid-19 bisa terjadi melalui udara makin menegaskan bahwa protokol kesehatan harus dijalankan secara ketat.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GTPPC-19) mengingatkan, hanya menggunakan pelindung wajah transparan (face shield) tidak cukup untuk mencegah penularan.

”Menggunakan face shield saja tanpa masker tidak akan memberikan perlindungan yang maksimal,” ujar Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 Achmad Yurianto kemarin (12/7).

Dia menjelaskan, berdasar beberapa diskusi dengan Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO), virus SARS-CoV-2 diprediksi mampu menular melalui droplet dari penderita maupun microdroplet yang bisa melayang-layang di udara, terutama di ruangan tertutup.

”Microdroplet ini ukurannya lebih kecil dan bisa berada di udara untuk waktu yang relatif lama,” jelas Yuri.

Pada dasarnya, kata dia, face shield sebatas mampu melindungi pengguna dari droplet yang besar. Namun, tidak menjamin partikel microdroplet lantas tidak terhirup ke dalam mulut atau hidung. Sebab, partikel microdroplet dapat berada di udara dalam waktu yang relatif lama dan berpotensi terhirup secara tidak sengaja.

”Oleh karena itu, penggunaan masker mutlak harus dilakukan, harus dikerjakan. Bukan face shield. Karena kita tahu, pada microdroplet, ia akan mengambang di udara,” paparnya.

Selain itu, lanjut Yuri, sirkulasi udara di ruangan-ruangan harus baik. Baik di tempat kerja maupun rumah. ”Meskipun ada kipas angin, kalau ruangan tertutup, udara hanya akan berputar-putar di tempat itu. Lebih baik menggunakan exhaust fan yang bisa menarik udara ke luar,” jelasnya.

Sementara itu, adanya penelitian dari WHO bahwa virus SARS-CoV-2 bisa menular melalui airborne atau udara di ruangan tertutup terus dikaji.

Anggota Tim Pakar Medis Gugus Tugas Nasional Budiman Bela menuturkan, selain tempat tertutup, udara dingin pada ruangan tertutup meningkatkan potensi penularan Covid-19. Karena itu, menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker dan menjaga jarak harus dipatuhi.

Komentar

VIDEO TERKINI