Dukung Ketahanan Pangan, Kapolda Jateng Panen Raya Padi di Grobogan

Juli 13, 2020

GROBOGAN, RAKYATJATENG – Setelah sukses panen raya budidaya berbagai jenis ikan dengan jumlah total mencapai 5,4 ton, Polda Jateng kembali melaksanakan Panen Raya Padi dan Penebaran Benih Ikan di Desa Rajek, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Senin (13/7/2020).

Panen raya yang dihadiri langsung oleh Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Drs Ahmad Luthfi, Bupati Grobogan Sri Sumarni, Kapok Sahli Pangdam IV Diponegoro, Brigjen TNI Rimbo Karyono serta Pejabat Utama Polda Jateng ini memanen di lahan mencapai 265 hektare.

Kapolda Jateng mengatakan panen raya ini merupakan langkah percepatan ekonomi nasional dan pertahanan pangan dalam menghadapi pandemi corona di wilayah jajaran Polda Jateng.

Sebagaimana instruksi Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada saat Hari Ulang Tahun Bhayangkara yang dijabarkan dalam Perintah Kapolri diantaranya adalah memberikan bantuan sapi, unggas, dan penaburan benih ikan.

“Hari ini saya dengan Pangdam telah melaksanakan kegiatan panen raya di Grobogan yang mencapai 265 hektar, disamping itu kita juga melakukan instruksi Kapolri yaitu program ketahanan pangan seperti yang baru tadi kita lakukan,” kata Kapolda Jateng.

Jumlah padi yang dipanen selama bulan Juli di Kabupaten Grobogan mencapai 24.000 hektar, adapun pada tahun 2019 mencapai 136.209 hektar dengan 772.521 ton gabah kering giling (GKG) .

“Dengan ini membuat Kabupaten Grobogan menjadi kabupaten penghasil beras terbesar di Jateng dan menjadi salah satu dari 10 kabupaten penghasil beras terbesar se Indonesia,” ungkap Bupati Grobogan Sri Sumarni.

Pada tahun 2020 ini jumlah panen padi akan ditingkatkan menjadi 137.550 hektar dengan 781.870 ton gabah giling kering.

Kabupaten Grobogan dikenal juga sebagai sentra jagung dan kedelai termasuk juga kacang hijau tingkat nasional.

Komentar