Matangkan Skenario Evakuasi Merapi, BPBD Boyolali Siapkan Lokasi Penampungan Ternak

Juli 11, 2020
Belum ada gambar

Warga sudah berpengalaman karena sudah mengalami kejadian erupsi tahun-tahun sebelumnya. “Kami juga sudah mendata jumlah hewan ternak sapi dan kambing milik warga. Kendaraan evakuasi ternak sudah disiapkan oleh tim siaga desa (TSD),” katanya.

Menurut Tumar, warga penduduk di Desa Jrakah sebanyak 4.430 jiwa. Sedangkan ternak sapi ada 824 ekor dan kambing 254 ekor. Jika terjadi erupsi, warga langsung menuju titik kumpul masing-masing RT/RW untuk dievakuasi di tempat aman.

Tumar menyebut, dusun di Desa Jrakah Boyolali yang masuk kawasan rawan bencana (KRB) III meliputi Dusun Sepi, Kajor, Tosari, Jarak, dan sebagian Dusun Jrakah. Jaraknya sekitar 3,5 hingga 4 kilometer dari puncak Merapi.

Selain itu, Tumar juga mengimbau masyarakat, dalam memasuki normal baru di tengah pandemi Covid-19 bisa saling menjaga dan menghindar dari kerumunan massa untuk mencegah penyebaran virus. Masyarakat yang mempunyai hajatan harus menerapkan protokol kesehatan mengenakan masker dan selalu mencuci tangan dengan sabun, serta menjaga jarak dengan orang lainnya. (rs/wid/per/JPR)

Komentar

VIDEO TERKINI