Artis “Glee” Naya Rivera Hilang, Pencarian Difokuskan Hingga ke Dalam Danau


RAKYATJATENG – Hari kedua pencarian aktris “Glee” Naya Rivera difokuskan ke dalam air danau setelah polisi mendapati keterangan dari putra Rivera, Josey Hollis Dorsey, bahwa sang ibu tak kunjung muncul setelah berenang.

Polisi menduga Rivera (33) tewas tenggelam setelah hilang saat berperahu bersama putranya Josey (4) di danau Selatan California, Amerika Serikat pada Rabu (8/7).

Rivera dan putranya Josey menyewa perahu ponton di danau dan berenang di air. Ketika perahu lama tak dikembalikan setelah masa sewa tiga jam, staf di danau menemukan perahu di sisi utara danau dengan Josey sendirian tengah tertidur di kapal sambil mengenakan jaket pelampung sementara jaket pelampung untuk dewasa yang diyakini milik Rivera ada di perahu.

Kini, pencarian Rivera kembali dilakukan. Pencarian bisa berlangsung sampai seminggu.

“Hati dan doa kami bersama keluarga Rivera. Ini tragedi yang buruk… Kami akan melakukan segala yang kami bisa untuk menemukannya,” kata Sersan Kevin Donoghue dari Ventura County Sheriff pada Kamis (9/7) dilansir Los Angeles Times.

Regu pencarian terdiri dari 100 anggota termasuk 25 penyelam, dua helikopter dan enam perahu ponton.

Naya Rivera (REUTERS/Kevork Djansezian)

Penyebab Tenggelam

Danau Piru, California tempat Rivera dan putranya menyewa perahu ponton sebenarnya tidak lebih berbahaya jika dibanding danau lain, kata petugas. Namun di beberapa area bisa lebih dalam dan punya tanaman bawah air yang tinggi sehingga bisa melilit perenang.

“Kalau tubuh sudah terlilit sesuatu di dalam air, kemungkinan sudah tak bisa naik lagi,” kata Donoghue.

Kombinasi udara yang sangat dingin, jarak pandang yang buruk serta tanaman bawah air bisa mengarah ke marabahaya.

“Benar-benar tidak ada arus bawah yang kuat seperti yang akan Anda lihat di lautan, tetapi kadang-kadang airnya bisa sangat dingin dan unsur-unsur hipotermik berada di air dingin dapat mempengaruhi sesuatu,” kata Donoghue.

Danau Piru akan tetap ditutup, sementara pihak berwenang mencari Rivera. Pencarian sejauh ini difokuskan pada sisi utara danau, di mana bocah itu ditemukan, kata Dyer.

Pencarian hari ini akan dijadwalkan sampai matahari terbenam.

Ketika ombak menyentuh bibir semen marina, petugas mengatakan kondisi danau biasanya memburuk saat angin kencang di siang hari.

Embusan angin tidak memengaruhi penyelam di bawah air, katanya, tetapi itu bisa membuat operasi pemulihan lebih sulit untuk kapal tim selam.

“Kau bisa bilang airnya semakin tajam mengiris,” kata Deputi Ventura County Chris Dyer, menggambarkan danau itu tidak dapat diprediksi. “Dia bisa berada di mana saja.”

Sebelumnya pada minggu itu, Rivera memposting foto dengan putranya dengan tulisan, “Hanya kita berdua.”

Danau Piru adalah tempat rekreasi yang populer di Hutan Nasional Los Padres dekat Fillmore.

Dilaporkan ada beberapa kejadian orang tenggelam di danau itu.

Sebuah artikel Times pada tahun 2000 mencatat serangkaian insiden tenggelam di sana, mengatakan sebagian besar korban adalah perenang yang tidak berpengalaman yang tidak mengenakan jaket penyelamat dan melebih-lebihkan kemampuan mereka sendiri atau berenang di daerah terlarang.

Pada saat itu, para pejabat mengatakan jumlah tenggelam tidak lebih tinggi daripada di danau lain di wilayah tersebut. Pejabat sheriff Wilayah Ventura mengatakan tidak ada yang tenggelam di danau dalam setahun terakhir. (Antara)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Sonny Wakhyono