Manchester City Ngamuk

  • Bagikan
Gelandang gaek Manchester City David Silva (kedua kanan) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya selepas mencetak gol keempat timnya ke gawang Newcastle United dalam laga lanjutan Liga Inggris tanpa penonton di tengah pandemi COVID-19 di Stadion Etihad, Manchester, Inggris, Rabu (8/7/2020) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/POOL/Oli Scarff)

RAKYATJATENG – Manchester City mengamuk dan menjadikan Newcastle United pelampiasan atas kekalahan yang mereka derita di pertandingan sebelumnya.

Manchester City menang telak 5-0 dari tamunya itu dalam laga pekan ke-34 Liga Inggris tanpa penonton di tengah pandemi COVID-19 di Stadion Etihad, Rabu waktu setempat (Kamis WIB, 9/7/2020).

Gabriel Jesus, Riyad Mahrez, David Silva dan Raheem Sterling masing-masing mencetak satu gol dalam kemenangan tersebut yang juga diwarnai sebuah gol bunuh diri bek Newcastle, Federico Fernandez.

Kemenangan itu membuat Man City yang berada di posisi kedua kini mengoleksi 69 poin, sedangkan Newcastle (43) melorot ke urutan ke-13 karena kalah selisih golnya kini lebih buruk dibandingkan Southampton (43), demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Tim besutan Pep Guardiola yang di pertandingan sebelumnya menelan kekalahan seolah siap bangkit dari pengalaman buruk itu dan segera menekan tamunya sejak sepak mula, tetapi peluang pertama mereka lewat Mahrez masih mudah dihentikan oleh kiper Martin Dubravka.

Newcastle tak mampu berlama-lama menahan gempuran Man City, yang sukses membuka keunggulan pada menit ke-10 ketika David Silva merangsek dari sisi kiri dan mengirim umpan tarik kepada Jesus yang berdiri bebas dan mudah saja menyontek bola ke gawang tim tamu.

Mahrez membuang peluang bagus untuk menggandakan keunggulan, sedangkan tembakan sudut sempit Phil Foden masih melenceng dari sasaran.

Keunggulan The Citizens berganda pada menit ke-21 ketika Kevin de Bruyne berlari sendirian sebelum mengirim umpan tarik yang diselesaikan dengan baik oleh Mahrez untuk memaksa Dubravka kembali memungut bola dari dalam gawangnya.

Dua menit kemudian, peluang bagus lain terbuang ketika umpan matang Mahrez gagal diselesaikan oleh Jesus dan pemain Brazil itu kembali membuang kesempatan ketika sundulannya tak menemui sasaran sedangkan tembakan jarak jauh Joao Cancelo ditepis oleh Dubravka.

Dua peluang Man City lainnya dibuang oleh Foden dan Rodri Hernandez sehingga keunggulan 2-0 mereka tak bertambah ketika aba-aba istirahat ditiup oleh wasit Andy Madley.

Tuan rumah kembali memulai pertandingan dengan babak kedua dengan kendali penuh atas pertandingan tetapi peluang emas lain disia-siakan oleh Foden lima menit selepas sepak lanjut.

Keunggulan Man City akhirnya bertambah pada menit ke-58 ketika kerja sama Foden dan Jesus berusaha disapu oleh Matt Ritchie tetapi bola malah bersarang ke gawangnya sendiri setelah sempat mengenai kaki Fernandez. Gol bunuh diri itu membuat kedudukan menjadi 3-0 bagi tuan rumah.

Tujuh menit kemudian, David Silva mengajukan diri menjadi algojo tendangan bebas setelah Joelinton melanggar Sterling tak jauh dari kotak penalti. Pemain gaek asal Spanyol itu melepaskan tembakan yang melengkung melewati pagar hidup dan bersarang ke pojok kiri atas gawang, membawa Man City unggul 4-0.

Unggul empat gol tak membuat Man City mengendurkan gelombang serangan mereka, sayangnya pada menit ke-75 Dubravka berhasil menggagalkan peluang David Silva.

Serangan bertubi-tubi tuan rumah akhirnya membuahkan hasil pada menit pertama injury time ketika David Silva mencuri bola dari penguasaan Nabil Bentaleb dan ia mengirimkannya untuk diselesaikan mudah oleh Sterling demi membuat kemenangan Man City jadi 5-0 atas Newcastle.

Man City selanjutnya akan menyambangi markas Brighton & Hove Albion untuk laga pekan ke-35 pada Sabtu (11/7) waktu setempat, beberapa jam setelah Newcastle memainkan pertandingan tandang kontra Watford di Vicarage Road.

Susunan pemain:

Manchester City (4-3-3): Ederson Moraes; Joao Cancelo (Kyle Walker), John Stones, Nicolas Otamendi, Olexandr Zinchenko; Kevin de Bruyne, Rodri Hernandez (Ilkay Guendogan), David Silva; Riyad Mahrez (Thomas Doyle), Gabriel Jesus (Raheem Sterling), Phil Foden (Bernardo Silva)
Pelatih: Pep Guardiola

Newcastle United (5-4-1): Martin Dubravka; DeAndre Yedlin, Emil Krafth (Yoshinori Muto), Fabian Schaar, Federico Fernandez, Danny Rose; Valentino Lazaro (Javi Manquillo), Jonjo Shelvey (Matthew Longstaff), Nabil Bentaleb, Matt Ritchie (Christian Atsu); Joelinton (Dwight Gayle)
Pelatih: Steve Bruce

(Antara)

  • Bagikan