SMPN Tengah Kota Solo Minim Peminat, Didominasi Pendaftar Luar Daerah

Juli 6, 2020
Belum ada gambar

SOLO, RAKYATJATENG – Penyaluran calon siswa yang gagal mendapat SMP negeri mulai dilakukan Dinas Pendidikan (Disdik) Surakarta. Mayoritas calon siswa dalam kota disalurkan ke SMPN 24 Surakarta, SMPN 25 Surakarta, dan SMPN 26 Surakarta yang notabene berada di tengah kota. Pendaftar di tiga sekolah ini masih minim dan justru didominasi dari luar kota.

Total calon siswa jenjang SMPN sebanyak 4.064 orang dari Kota Solo. Sementara dari luar kota 635 siswa. Total calon siswa yang disalurkan ke sekolah negeri ada 554 orang, baik dari dalam kota maupun luar kota yang terlempar dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) online SMP di Kota Solo.

Sekretaris Disdik Surakarta Dwi Ariyatno mengatakan, calon siswa dalam Kota Solo yang mendatar ke tiga SMPN di tengah kota memang tidak terlalu banyak. Sebab, lokasi ketiga sekolah tidak berada di tengah permukiman padat.

Pendaftar jalur zonasi ada 257 calon siswa dari dalam kota, sedangkan 297 calon siswa dari luar kota yang masuk daftar rekomendasi alias yang disalurkan. Sedangkan jalur afirmasi dalam kota ada 194 siswa yang disalurkan.

“Sampai hari ini (kemarin), masih banyak yang bertanya terkait ranking, terutama yang dari luar kota. Dan data penyaluran sudah bisa dicek di website PPDB. Dan penyaluran kami lakukan ke sekolah yang lebih dekat. Rata-rata disalurkan ke sekolah tengah kota di SMPN 24, 25, dan 26 Surakarta,” ungkapnya.

Dwi mengatakan, kebanyakan calon siswa yang disalurkan hanya memilih dua sekolah dari lima pilihan. Sehingga pilihan yang dipilih calon siswa kalah dekat dengan calon siswa lain. Sehingga gagal di semua pilihan. Dia mengaku semua calon siswa dalam kota di semua jalur akan dicarikan ke sekolah yang terdekat.

Komentar

VIDEO TERKINI