Tak Lolos Pengecekan Kesehatan, 20 Peserta UTBK Untidar Gagal Ikut Ujian Sesuai Jadwal

Juli 5, 2020

MAGELANG, RAKYATJATENG – Sebanyak 20 peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Universitas Tidar (Untidar) Magelang tidak lolos pengecekan kesehatan. Mereka tidak boleh mengikuti ujian sesuai jadwal.

Koordinator Pelaksana Pusat UTBK Untidar Arnanda Yusliwidaka mengatakan, 20 peserta tidak lolos pengecekan kesehatan sesuai protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang diberlakukan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Para peserta itu dinyatakan tidak lolos screening kesehatan selanjutnya diproses ke tingkat LTMPT. Jika hasil rekomendasi dari LTMPT keluar, mereka akan hubungi untuk mengikuti ujian pada tahap kedua.

”Mereka tidak boleh mengikuti ujian sesuai jadwal,” kata Arnanda seperti dilansir dari Antara di Magelang pada Minggu (5/7).

Pihak LTMPT menerapkan peraturan bagi peserta yang mempunyai suhu lebih dari 37,5 derajat celcius atau hasil tes cepat reaktif, peserta tidak boleh ikut ujian. Selanjutnya, peserta tersebut harus mengikuti tes usap (PCR) secara mandiri.

Jika hasilnya negatif boleh mengikuti ujian di tahap kedua. Namun, jika hasilnya positif peserta tidak boleh ikut ujian baik di tahap pertama atau kedua.

Arnanda menuturkan, Pusat UTBK PTN melaporkan peserta tersebut kepada LTMPT melalui aplikasi manajemen Pusat UTBK pada menu pendataan laporan relokasi peserta.

”Bagi peserta yang tidak dapat mengikuti ujian sesuai jadwal karena tidak memenuhi syarat Satgas Covid-19 daerah diharapkan segera menghubungi Pusat UTBK PTN tempat tes agar dapat diproses relokasi peserta ke Pusat UTBK terdekat dengan lokasinya saat ini,” tutur Arnanda.

Dia menyampaikan, sesuai protokol kesehatan Covid-19 yang berlaku di Pusat UTBK Untidar, hanya peserta yang boleh masuk ke lokasi ujian. Pendamping hanya boleh mengantar sampai drop zone yang ditentukan.

Komentar