PKB Minta Presiden Jokowi Reshuffle 2 Menteri Ini

Juli 4, 2020
Belum ada gambar

JAKARTA, RAKYATJATENG – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengancam akan melakukan perombakan atau reshuffle kabinet setelah kinerja menteri tidak sesuai harapan dalam penanganan virus Korona atau Covid-19 ini. Hal ini langsung mendapatkan respons dari berbagai kalangan. Tak terkecuali dari partai pengusung Jokowi.

Wakil Sekretaris Dewan Majelis Syuro Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Maman Imanulhaq mengatakan ada dua menteri yang perlu diganti oleh Presiden Jokowi. Pertama adalah Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto. “Jadi Menkes (Terawan Agus Putranto-Red) yang perlu diganti,” ujar Maman dalam diskusi virtual di Jakarta, Sabtu (4/7).

Namun demikian, Maman tidak menjelaskan secara detail alasan kenapa Menkes Terawan Agus Putranto layak direshuffle dari kabinet Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Kemudian selain Terawan, Maman mengatakan yang pantas untuk diganti adalah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim. Menurut Maman, program Nadiem seperti siswa belajar dari rumah dirasa tidak tepat. Karena dampaknya adalah siswa malah kehilangan materi belajar dari para guru.

‎”Kedua Menteri Pendidikan. Menteri Pendidikan itu sangat harus digarisbawahi bahwa belajar jarak jauh itu tidak menyelesaikan masalah karena karena terjadi loss education dan loss generation,” katanya.

Selain itu, Maman juga kecewa dengan Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi. Namun Maman tidak meminta Presiden Jokowi melakukan reshuffle terhadap Fachrul. Kekecewaan dirinya terhadap Fachrul Razi lantaran tidak adanya program dari Kementerian Agama dalam penanganan Covid-19 di dalam negeri.

Padahal ulama dan kiai sangat terdampak dari virus Korona ini. Namun kebijakan Kementerian Agama tidak ada sama sekali yang menyentuh ke para kiai, ulama dan habib. “Kementerian Agama mengajukan anggaran tambahan. Kita sisir programnya. Tidak satu pun menyentuh pandemi. Saya sebutin Kemenag. Kemenag itu tidak ada sense of crisis pandemi,” sebutnya.

Komentar

VIDEO TERKINI