Pengendara Motor Wajib Nyalakan Lampu Siang Hari, Ini Alasannya

Juli 3, 2020
Belum ada gambar

Arman menyatakan, kewajiban pengendara sepeda motor harus menyalakan lampu utama pada siang hari bertujuan agar dapat mengantisipasi pengendara lain guna mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas.

“Jika pagi dan petang dimaknai tidak termasuk dalam siang hari yang dimaksud oleh Pasal 107 Ayat (2) UU LLAJ dan kendaraan sepeda motor belum/tidak diwajibkan menyalakan lampu utama, kecelakaan akibat gagal mengantisipasi adanya sepeda motor akan sering terjadi pada pagi dan petang,” kata Arman mengutip putusan Hakim MK.

Ditambahkan, sebagai aparat penegak hukum seluruh jajaran lalu lintas Polda Jateng tentu akan melaksanakan perintah undang-undang tersebut dengan sebaik mungkin.

“Dasar pertimbangannya pun jelas, supaya kecelakaan di jalan bisa diminimalisir. Jajaran Ditlantas Polda Jateng berharap bisa mewujudkan lalu lintas yang aman, nyaman dan selamat serta sehat di wilayah hukum Polda Jateng,” ungkapnya.

Arman juga mengingatkan bunyi Pasal 293 ayat (2) UU LLAJ, yang berbunyi setiap orang yang mengemudikan sepeda motor di jalan tanpa menyalakan lampu utama pada siang hari sebagaimana dimaksud dalam Pasal 107 ayat (2) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 15 hari atau denda paling banyak Rp 100.000.

“Semua aturan dibuat untuk keselamatan bersama, jadi masyarakat kami harap bisa mematuhi,” jelas dia. (Sen)

Komentar

VIDEO TERKINI