Zonasi Kuota Pengunjung Malioboro Mulai Diterapkan

Juli 2, 2020
Belum ada gambar

Sejak awal pekan, pengunjung lebih banyak memadati zona 1, zona 2, dan zona 5 Malioboro, namun belum ada zona dengan jumlah pengunjung melebihi kuota. ”Jumlah pengunjung rata-rata masih 500 sampai 600 orang per hari. Didominasi warga lokal Jogja meski sudah ada beberapa dari luar daerah tetapi jumlahnya masih sedikit,” tutur Ekwanto.

Sejumlah kendala yang dihadapi petugas di lapangan, lanjut dia, adalah pengunjung belum memahami cara memindai QR code. ”Ada yang masih harus dibimbing atau bertanya ke petugas. Terkadang, ini yang berpotensi menimbulkan kerumunan,” ujar Ekwanto.

Proses pemindaian yang seharusnya dapat dilakukan dengan cepat, lanjut Ekwanto, harus berlangsung lebih lama karena pengunjung tidak siap dengan aplikasi pemindai QR code, dan terkadang menimbulkan antrean. ”Harapannya, pengunjung sudah siap dengan aplikasi pemindai QR code sehingga proses masuk ke Malioboro menjadi lebih cepat,” papar Ekwanto.

Puncak kunjungan di Malioboro biasanya terjadi sejak pukul 16.00–24.00 WIB. ”Pada jam-jam tersebut, petugas cukup kewalahan. Tetapi kami berusaha semaksimal mungkin agar wisatawan tetap mematuhi aturan,” ucap Ekwanto. (JPC)

Komentar

VIDEO TERKINI