WHO Pastikan Pandemi Corona Masih Lama

Juli 1, 2020
Belum ada gambar

’’Kenyataan pahitnya adalah (pandemi, Red) ini masih jauh dari kata berakhir,’’ terang Ghebreyesus Senin (29/6) seperti dikutip Channel News Asia.

Inggris, misalnya. Mereka belum berhasil mengendalikan penularan. Kota Leicester bahkan harus dikuntara karena menjadi hotspot penularan. Di kota tersebut kasus penularan pada anak-anak jauh lebih tinggi dibanding wilayah lainnya.

Menteri Kesehatan Inggris Matt Hancock kemarin (30/6) menegaskan bahwa sebagian besar anak-anak yang positif Covid-19 itu tidak menunjukkan gejala. Meski begitu, mereka bisa menularkan pada orang lain. Karena itu, seluruh sekolah di Leicester ditutup mulai Kamis.

Nasib serupa dialami Kota Cebu di Filipina. Sebanyak 69 pegawai di Balai Kota Cebu positif Covid-19. Empat orang sudah meninggal dunia. Total, ada 5.494 kasus di kota tersebut. Pemerintah Filipina mengerahkan dokter tambahan dan drone untuk membantu mengatasi penularan.

Setali tiga uang, Korea Selatan bernasib serupa. Belakangan mulai muncul klaster baru di kuil-kuil yang didatangi penduduk. Mereka berencana untuk memberikan label tulisan ’’Risiko Tinggi’’ di kuil-kuil agar penduduk menambah kewaspadaannya. Sebab, banyak yang tak memakai masker dan mengabaikan protokol kesehatan.

Salah seorang biarawan yang tertular di Kuil Gwangleug mengungkapkan bahwa dirinya sudah jaga jarak. Tapi, saat menemui jemaat, dia melepas maskernya karena udara panas. ’’Sekarang saya menyesal,’’ tegasnya. (sha/c13/dos/JPG/r6)

Komentar

VIDEO TERKINI