Candi Borobudur Dikunjungi 266 Wisatawan pada Hari Pertama Uji Coba Operasional

Juni 26, 2020
Belum ada gambar

MAGELANG, RAKYATJATENG – Sebanyak 266 orang wisatawan mengunjungi kawasan Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur pada hari pertama pembukaan uji coba operasional, Kamis (25/6/2020). Mereka berasal dari sejumlah kota, seperti Jakarta, Semarang, dan kota lain di Indonesia.

Berdasarkan pantauan di lokasi, wisatawan terlihat antusias mengunjungi TWC Borobudur pascapemberlakuan protokol kesehatan Covid-19 dan pembatasan jumlah pengunjung. Mereka kebanyakan datang bersama keluarga, teman, atau kerabatnya. Para wisatawan juga tampak tertib mematuhi protokol kesehatan yang telah tersedia lengkap di lokasi.

General Manager TWC Borobudur, I Gusti Putu Ngurah Sedana menjelaskan pada hari pertama uji coba operasional ada ratusan wisatawan berkunjung. Dari datanya tercatat total ada 266 orang.

“Sif pertama ada 115 orang, sif dua ada 151 orang,” kata Putu, sapaan akrabnya, saat ditemui di TWC Borobudur, Kamis (25/6/2020).

Menurut dia, pada uji coba operasional TWC Borobudur, pihaknya membagi kunjungan menjadi dua sif. Pertama, mulai dari pagi sampai siang. Kemudian, istirahat. Selanjutnya sif kedua, mulai dari siang sampai sore hari.

Pembukaan uji coba ini mereka lakukan setelah sebelumnya mereka melakukan simulasi. Mulai dari simulasi pertama, simulasi kedua, dan simulasi ketiga. Dari uji coba operasional hari pertama ini, tidak sedikit wisatawan telah berkunjung. Mereka berasal dari beberapa kota. Seperti Bali, Yogyakarta, Surabaya, dan lainnya.

Kepadanya, wisatawan tersebut mengaku berkunjung ke TWC Borobudur karena sudah kangen, usai penutupan objek wisata itu akibat Covid-19. Pada uji coba operasional ini, pihaknya menerapkan secara tegas protokol kesehatan.

Putu menyebutkan beberapa protokol kesehatan yang tersedia di lokasi wisata adalah, mulai dari masuk, wisatawan harus menjalani pemeriksaan suhu tubuh, wajib mengenakan masker, cuci tangan dengan sabun dan antiseptik, hingga menempati tanda kotak yang tersedia untuk jaga jarak.

Komentar

VIDEO TERKINI