Pilkada 2020, Golkar dan PSI Solo Siap Dukung Gibran

Juni 23, 2020

SOLO, RAKYATJATENG – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Partai Golkar Kota Surakarta siap memberikan dukungan kepada Gibran Rakabuming Raka sebagai calon walikota Surakarta 2020. Dukungan tersebut diberikan setelah ada instruksi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) partai berlambang pohon beringin tersebut.

Ketua DPD II Partai Golkar Kota Surakarta Maria Sri Sumarni mengatakan, pihaknya masih menunggu surat resmi dari DPP terkait dukungan kepada Gibran.

Sebelumnya, Ketua Badan Pemenangan Pemilu Partai Golkar Maman Abdurrahman menyebut Golkar sudah resmi mendukung putra sulung Presiden Joko Widodo pada pilkada tahun ini.

“Kami belum dapat tembusan. Mungkin masih di atas (DPP). Rekomendasi dari DPP seperti apa, kami ikut. Karena secara struktural garis partai seperti itu,” ucap Maria, kemarin.

Sosok Gibran dianggap tidak asing untuk Partai Golkar. Nama bakal calon walikota dari PDIP itu terus disebut dalam rapat internal, baik DPD II maupun DPD I Jawa Tengah. Bahkan beberapa tokoh sentral Partai Golkar di Solo juga sempat secara pribadi menyatakan dukungan.

“Kami sekarang mengikuti prosedur dulu. Dari DPP nanti turun ke DPD I trus DPD II. Kemudian ada hitam di atas putih, baru itu dinyatakan resmi. Kalau belum ada hitam di atas putih, kami belum berani memberikan statemen lagi. Tetapi setiap rapat internal memang nama Mas Gibran sering disebut,” bebernya.

Sekadar informasi, Partai Golkar Surakarta memiliki suara relatif minim. Maria menyebut pada Pemilu 2019, partainya menyabet tiga kursi DPRD. Dengan jumlah tersebut, partainya tidak bisa mengusung calon wali kota sendiri. “Bisanya mendukung, tidak mengusung,” ucapnya.

Selain Partai Golkar, satu partai yang telah memberikan dukungan kepada Gibran adalah Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Sebelumnya, Ketua DPC PSI Surakarta Antonius Yogo Prabowo mengatakan, partainya menjadi satu-satunya partai yang mendukung Gibran dalam pilkada Solo.

Komentar