Dinas Pertanian Optimistis Stok Pangan di Cilacap Meningkat

Juni 22, 2020
Belum ada gambar

CILACAP, RAKYATJATENG – Dinas Pertanian (Dinpertan) Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, optimistis stok pangan di wilayah setempat meningkat, kata Kepala Dinpertan Kabupaten Cilacap Supriyanto.

“Usaha untuk meningkatkan stok pangan dalam arti jumlah dan kontinuitas terus kami galakan yang dimulai dari mempercepat tanam melalui Gerakan Percepatan Olah Tanah (GPOT) untuk mendukung percepatan tanam,” katanya di Cilacap, Senin (22/6/2020).

Terkait dengan hal itu, dia mengatakan Kementerian Pertanian menargetkan luasan tanam di Kabupaten Cilacap hingga akhir bulan Juni 2020 mencapai 2.700 hektare.

Akan tetapi, kata dia, pihaknya justru memasang target seluas 15.000 hektare dan sampai saat sekarang sudah terlampaui karena telah mencapai 16.591 hektare.

Ia mengaku optimistis luasan tanam di Kabupaten Cilacap hingga akhir bulan Juni bisa mencapai kisaran 20.000 hektare

“Alhamdulillah di Cilacap masih ada hujan, sehingga (tanahnya) masih basah-basah, terutama di DI (Daerah Irigasi) Serayu mulai dari enam kecamatan di Distrik Kroya plus Kesugihan, sebagian Jeruklegi, dan wilayah kota, hampir seluruhnya sudah tanam,” katanya.

Sementara di wilayah barat seperti Kecamatan Kawunganten dan sekitarnya, kata dia, sebagian area persawahannya baru selesai panen meskipun sudah masuk olah tanah dan sebagian petaninya sudah sebar benih sehingga berkesinambungan.

“Dari sisi kontinuitas produk, area persawahan di wilayah timur atau Distrik Kroya dalam dua minggu ke depan sudah ada yang panen dan akan makin ramai pada bulan Juli-Agustus, sedangkan di wilayah barat baru ditanami padi. Kami berupaya agar sepanjang tahun tetap ada panen,” katanya.

Selain itu, kata dia, area persawahan di wilayah pegunungan seperti Cimanggu, Majenang, Wanareja, dan Dayeuhluhur bisa panen hingga tiga kali dalam setahun karena airnya selalu tersedia.

Komentar

VIDEO TERKINI