Walikota Magelang: Saudara harus Tegas, Kalau Perlu Galak

Juni 18, 2020

MAGELANG, RAKYATJATENG – Walikota Magelang Sigit Widyonindito memerintahkan aparatur pemerintahan setempat hingga tingkat rukun tetangga untuk bertindak tegas terhadap warga agar protokol kesehatan terkait dengan pandemi COVID-19 dipatuhi dalam aktivitas sehari-hari.

“Saudara harus tegas, kalau perlu galak. Saya minta lurah bikin surat edaran, protokol kesehatan harus dipatuhi, terutama bagi tamu dari luar daerah. Untuk sementara tamu dari luar daerah jangan menginap dulu,” katanya saat memimpin rapat koordinasi dan evaluasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Magelang di Aula Adipura Kencana, kompleks kantor Wali Kota Magelang di Magelang, Jawa Tengah, Rabu (17/6/2020).

Ia mengatakan hal itu terkait dengan daerah tetangga yang saat ini berstatus zona merah pandemi virus corona jenis baru itu.

Para camat, lurah, hingga ketua rukun warga dan rukun tetangga, katanya, harus tegas terhadap warga masing-masing yang tidak patuh terhadap protokol kesehatan demi memutus mata rantai penularan virus.

Ia meminta mereka bersama satuan tugas (satgas) mengawasi para tamu luar daerah yang bertandang ke wilayah masing-masing.

“Karena apa? Banyak pasien terkonfirmasi positif COVID-19 yang riwayatnya habis dikunjungi tamu atau kerabatnya dari luar daerah. Kita harus pertahankan grafik kasus COVID-19 di Kota Magelang tetap landai,” katanya dalam keterangan tertulis Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemkot Magelang.

Ia mendorong warga dengan berbagai komponen untuk aktif dan disiplin menerapkan protokol kesehatan agar bisa menekan penyebaran COVID-19 di daerah dengan tiga kecamatan dan 17 kelurahan tersebut.

Terkait dengan peranan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan pemkot setempat, Wali Kota Sigit meminta mereka berinisiatif membuat kebijakan dan aktif membuat langkah pencegahan penyebaran virus sesuai bidang masing-masing.

Komentar