Puluhan Ribu Kaum Boro Asal Wonogiri Kembali ke Rantau, Tak Perlu SIKM

Juni 17, 2020
Belum ada gambar

WONOGIRI, RAKYATJATENG – Kaum boro asal Wonogiri yang sempat pulang kampung beberapa waktu lalu, sudah mulai kembali ke perantauan. Perantau yang jumlahnya mencapai puluhan ribu orang itu berangkat menggunakan bus antarkota antarprovinsi (AKAP) melalui beberapa terminal. Tak ada surat khusus yang dikeluarkan pemkab untuk para pekerja informal itu.

Koordinator Terminal Induk Giri Adipura Wonogiri Agus Hasto Purwanto mengatakan, di terminal tidak ada persiapan khusus. Terutama menghadapi gelombang balik ini karena sejumlah wilayah sudah menerapkan new normal.

“Wonogiri kan tidak ada new normal. Kalau persiapan khusus untuk menghadapi new normal, kita tidak ada,” ungkap Agus, kemarin.

Meski begitu, pihaknya tetap menerapkan protokol kesehatan di terminal. Di antaranya menyediakan fasilitas yang menunjang pencegahan penyebaran Covid-19. Jumlah penumpang pun dibatasi maksimal hanya 50 persen dari kapasitas tempat duduk bus.

Berdasarkan pantauan Jawa Pos Radar Solo, di beberapa titik memang disediakan fasilitas kebersihan. Seperti di pintu masuk terminal dan terminal keberangkatan disediakan tempat mencuci tangan. Selain itu, petugas juga menegur calon penumpang yang tidak memakai masker.

“Penyediaan tempat cuci tangan sudah cukup lama. Hand sanitizer juga. Perlengkapan untuk screening awal dulu (saat arus mudik, Red) juga masih ada,” beber Agus.

Perlengkapan screening awal itu, kata dia, bisa digunakan kembali semisal pemkab membutuhkan. Pihaknya pun bersedia menyiapkan segala sesuatu jika pemkab ingin melakukan screening lagi.

“Tapi kan saat ini di Wonogiri kasus Covid-19 landai. Nanti semisal akan diaktifkan, kita akan berkoordinasi juga dengan gugus tugas,” kata Agus.

Sementara itu, berdasarkan data produksi terminal dari pertengahan Maret sampai Juni, jumlah warga yang datang dengan yang kembali boro hanya terpaut sekitar 8.000 penumpang. Sejak 15 Maret hingga 15 Juni, tercatat ada 48.844 penumpang kedatangan bus AKAP.

Komentar

VIDEO TERKINI