Tingkatkan Imun: Campurkan Lada, Lemon, dan Madu dalam Rebusan Jahe

  • Bagikan
Ilustrasi jahe (Istimewa)

RAKYATJATENG – Salah satu kemampuan tubuh melawan segala macam virus dan penyakit adalah dengan memperkuat imun tubuh. Cobalah rutin mengonsumsi herbal dan rempah dari bumbu dapur yang diperkaya antioksidan seperti jahe.

Agar lebih efektif khasiatnya, Anda bisa menyampurkan bahan lainnya seperti lemon, lada, dan madu seperti dilansir dari NDTV, Senin (15/6).

Jahe, madu, lada hitam dan lemon, sangat efektif dalam menangani masalah kesehatan yang mengganggu seperti demam, flu, dan batuk. Menggabungkan bahan-bahan ini akan memberi manfaat sesuai sifat herbal tersebut yakni antibakteri, anti-inflamasi dan antioksidan untuk menangkal infeksi bakteri, meningkatkan kekebalan tubuh dan memperkuat sistem pencernaan.

Dalam laman Live Strong disebutkan, lada hitam memiliki sejarah panjang dalam budaya manusia. University of Wisconsin mencatat bahwa setiap peradaban dalam sejarah selalu menggunakan lada. Lada hitam rendah kalori. Satu sendok teh lada mengandung 7 kalori. Makan lada hitam juga meningkatkan asupan mineral dan fitonutrien dan mengurangi risiko penyakit.

Lada hitam juga sumber mineral seperti mangan. Satu sendok teh lada hitam mengandung 370 mikrogram mangan. Kandungan mangan lada hitam mengaktifkan enzim yang dibutuhkan sel untuk metabolisme nutrisi, termasuk protein dan lemak.

Cara Membuat Rebusan

Siapkan setengah sendok makan lada hitam. 1 sendok makan jahe parut. 2 sendok makan madu. Dan 1 buah lemon. 2 gelas air.

Lalu tumbuk merica hitam sampai halus dan campur dengan parutan jahe. Tuang madu dan aduk rata.

Rebus air dan tuangkan dalam gelas. Tambahkan 1 sendok makan campuran rempah dan madu ke dalam satu gelas air. Tambahkan perasan setengah lemon ke dalam gelas dan aduk rata. Minumlah hangat.

Pastikan Anda mengonsumsi rebusan ini selama perubahan musim atau. Minuman ini memberikan efek lega secara instan saat sakit tenggorokan dan pilek. (JPC)

  • Bagikan