Sedang Latihan, Helikopter TNI AD yang Jatuh di Kendal, 4 Orang Meninggal

  • Bagikan

KENDAL, RAKYATJATENG – Helikopter MI-17 milik TNI Angkatan Darat (AD) jatuh di Kendal, Jawa Tengah, Sabtu (6/6).

Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) TNI AD Brigjen TNI Nefra Firdaus mengatakan, helikopter tersebut sedang dalam misi latihan.

“Helikopter tersebut sedang melaksanakan misi latihan terbang di Pusat Pendidikan Penerbang AD, Semarang, Jawa Tengah, sebagai bagian dari program Pendidikan Calon Perwira Penerbang 1,” kata Nefra dalam keterangan tertulis, Sabtu (6/6).

Nefra pun memastikan helikopter dalam keadaan baik sebelum terbang. “Karena saat dilaksanakan pre-flight check tidak ditemukan hal-hal menonjol,” tambahnya.

Dia menjelaskan, helikopter tersebut menjalani 2 misi latihan terbang endurance. Helikopter pun bisa terbang dengan normal dan mendarat dengan baik.

“Sekitar jam 12.35 siang tadi, kelikopter ini melaksanakan misi latihan terbang endurance kedua dengan materi terbang tactical manuver,” ucap Nefra.

Pesawat tersebut kemudian jatuh saat menjalani misi latihan kedua. Sampai saat ini petugas masih melakukan investigasi penyebab jatuhnya helikopter tersebut.

Sebelumnya, sebuah helikopter jenis MI 17 dengan nomor penerbangan HA 5141 jatuh di Kawasan Industri Kendal ikut Desa Wonorejo, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah pada Sabtu (6/6) pukul 14.25 WIB.

Kabid Humas Polda Jawa Tengah Konbes Pol Iskandar Fitriana mengatakan, helikopter tersebut milik penerbad TNI AD Semarang. Helikopter itu mengudara sekitar pukul 12.39.

Berdasarkan keterangan saksi di lokasi, helikopter tersebut terbang dari arah timur menuju ke barat. Saat itu helikopter sudah dalam keadaan oleng dan mengeluarkan asap dari badan pesawat.

“Sebelum heli terjatuh ada 3 orang lompat ke tambak, dan sesaat kemudian pesawat jatuh, keluar asap dan selanjutnya meledak,” kata Iskandar. (JPC)

  • Bagikan