Jelang Lebaran, KAI Siapkan Kereta Api Luar Biasa untuk Pengiriman Barang
JAKARTA, RAKYATJATENG - Menjelang Hari Raya Idul Fitri, PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyiapkan layanan Perjalanan Kereta Api Luar Biasa (KLB) untuk membantu masyarakat mengirimkan barang ke berbagai tujuan di Pulau Jawa.
Inisiatif ini merupakan respon perseroan, agar tetap memberikan layanan yang optimal di tengah larangan mudik yang dikeluarkan pemerintah untuk memutus rantai penyebaran pandemi Covid-19.
Layanan perjalanan KLB ini akan mengangkut kiriman barang untuk berbagai segmen. Mulai dari UMKM hingga perusahaan besar dengan biaya yang menarik. Pengiriman barang untuk relasi Madiun-Surabaya, misalnya. Hanya dibandrol Rp 200 per kg.
Sedangkan Jakarta-Surabaya Rp 1.500 per kg. Setiap barang yang diangkut dikenakan tarif minimal 5 kg.
“Kami berharap, layanan ini dapat membantu masyarakat berbagi kebahagiaan dengan handai taulan di kampung halaman, di hari kemenangan. Meskipun tidak dapat bertemu secara fisik,” ungkap VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam siaran pers, Rabu (20/5/2020).
Dalam layanan ini, KAI menyiapkan gerbong bagasi berkapasitas 20 ton. Agar masyarakat dapat mengirimkan barang dalam berbagai ukuran dengan mudah.
Adapun stasiun yang melayani angkutan barang menggunakan KLB adalah Stasiun Jakarta Kota, Cirebon, Semarang Tawang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, dan Surabaya Pasarturi.
“Tujuannya, agar semakin banyak barang yang didistribusikan dengan kereta api. Angkutan barang dengan kereta api lebih aman, tepat waktu, dan efisien,” jelas Joni.
Masyarakat dapat mempercayakan pengiriman barangnya seperti dokumen, paket, produk industri, produk UMKM, e-commerce, makanan, sayur-mayur, sepeda, motor, dan lain-lain kepada KAI.
Sejak dibuka 12 Mei hingga 19 Mei lalu, sudah 25 ton barang yang dikirimkan masyarakat melalui KLB hingga 19 Mei. Rute yang menjadi favorit pengiriman adalah Jakarta-Surabaya, dengan volume barang kiriman mencapai 12.742 kg.
Dalam periode tersebut, masyarakat sudah mengirimkan paket, makanan olahan, sepeda, motor, dan barang-barang lainnya menggunakan kereta api.
Dalam pelayanan angkutan barang menggunakan KLB ini, KAI tetap menerapkan protokol pencegahan penyebaran Covid-19. KAI membekali petugas dan ruang kerja dengan masker, sarung tangan, hand sanitizer, thermo gun, dan wastafel portabel sehingga kebersihan tetap terjaga.
“Kami juga secara rutin melakukan penyemprotan disinfektan pada barang-barang hantaran di stasiun keberangkatan dan kedatangan. Serta kantor/loket ekspeditur di stasiun, terminal, gerbong barang, dan gudang,” terang Joni.
Untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat, Joni memastikan layanan angkutan barang menggunakan KLB tersebut buka setiap hari. "Meskipun ada cuti bersama dan libur Lebaran, KAI berkomitmen untuk tetap melayani angkutan barang melalui KLB,” tegas Joni.
Untuk informasi lebih lanjut tentang angkutan barang melalui KLB, masyarakat dapat menghubungi Contact Center (021)121, email cs@kai.id, atau media sosial @KAI121. (Sen)