Canon Siapkan Mirrorless Baru R5, Usung Spesifikasi Video Gahar

SEMARANG, RAKYATJATENG – Canon diketahui tengah mempersiapkan kamera mirrorless baru yang akan datang. Kamera tersebut adalah Canon EOS R5 yang disebut-sebut akan mumpuni di sektor video.

Nah, soal kamera mirrorless Canon EOS R5 yang sedang dalam pengerjaan, produsen kamera dan produk pencitraan asal Jepang itu kini merilis detail terbaru soal spesifikasi video R5.

Dilansir dari DPreview, Selasa (21/4), dalam siaran pers singkat, perusahaan mengungkapkan beberapa informasi penting khusus untuk aspek perekaman video dari kamera yang sangat dinanti-nantikan ini.

Canon EOS R5, dikatakan akan menarik bagi para penggunanya yang bergelut di bidang videografi. Betapa tidak, Canon EOS R5 dikatakan akan menjadi yang pertama dalam sejarah perusahaan yang di sektor video mampu melakukan perekaman hingga resolusi 8K.

Dimulai dengan video 8K, EOS R5 akan melakukan video internal 8K RAW hingga 29,97 fps. Jika Anda tidak ingin melakukan RAW, Anda juga bisa memotret dalam 29,97 fps dalam Canon Log 10: 2: 2 10-bit atau HDR PQ 4-2: 2 10-bit, keduanya dalam H.265.

Bagi mereka yang tertarik pada 4K, EOS R5 dapat melakukan video internal 4K hingga 119,88 fps dalam 4: 2: 2 10-bit Canon Log atau 4: 2: 2 10-bit HDR PQ. Atau Anda dapat merekam secara eksternal hingga 59,94 fps.

Canon telah mengonfirmasi bahwa tidak akan ada pemotongan dalam mode 8K atau 4K, dan bahwa kamera akan memanfaatkan lebar penuh sensor. Anda juga akan memiliki akses ke Dual Pixel CMOS AF Canon di semua mode 8K dan 4K.

Mungkin lebih penting daripada resolusi belaka, EOS R5 juga akan menampilkan stabilisasi gambar atau built-in 5 axis, yang bekerja bersama dengan stabilisasi gambar optik di banyak lensa pemasangan RF dan EF. Terakhir, EOS R5 akan memiliki slot dual card yang masing-masing menampilkan CFexpress dan SD UHS-II.

Seperti disebutkan sebelumnya, hanya spesifikasi video yang diumumkan hari ini, karena ini adalah fokus utama kamera ini. Fitur lainnya kemungkinan akan diungkap lebih rinci oleh Canon pada saat peluncuran.

Sebagai catatan, perusahaan ini juga meluncurkan kamera sinema EOS C300 Mark III hari ini, yang juga menampilkan 4K 120 fps dengan sensor Super 35 mm DGO dan prosesor gambar DIGIC DV7 baru. C300 Mark III dibanderol dengan harga USD 10.999 atau berkisar Rp 172,5 jutaan. (JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Sonny Wakhyono